Sumsel: Desa Pelajaran Membangun Gedung Desa Serbaguna

jejakkasus.co.id, LAHAT – Desa Pelajaran melaksanakan Titik Nol (0) pembangunan Balai Kemasyarakatan, nantinya Gedung berlantai 2 ini akan difungsikan sebagai Gedung Serbaguna untuk kegiatan masyarakat Desa Pelajaran, Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (16/6/2021).

Pembangunan Gedung Desa Serbaguna ini di pelopori oleh Kades (Kepala Desa) Pelajaran Idil Adha beserta Tokoh Masyarakat Desa Pelajaran itu sendiri.
Dilokasi yang dibangun Gedung Serbaguna ini, dulunya adalah Kantor Desa dan Mushola yang dibangun pada zaman Kerio pada tahun 1960.

Karena bangunan Kantor Desa dan Mushola yang sudah rapuh dimakan usia, maka bangunan itu dipugar dan dibangun Gedung Desa yang serbaguna.

Sebagai pengganti Mushola itu telah dibangun Masjid yang tidak begitu jauh dari lokasi Mushola yang masih dalam penyelesaian pembangunan.

Pembangunan Gedung Desa Serbaguna ini hasil dari Musyawarah Desa (Musdes) Desa Pelajaran, Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.

Pemdes dalam hal ini pelaksanaan amanah dari Musdes untuk melaksanakan pembangunan Gedung Desa Serbaguna yang berlantai 2 dengan ukuran 6 m x 11 m persegi.

Penyelesaiannya secara bertahap dengan menggunakan dana dari APBDES tahun anggaran 2021 sebesar Rp 552.791.000,-.

Mengingat pandemi Covid-19 masih mewabah, anggaran Dana Desa (DD) tahun 2020 juga masih diperuntukan buat BLT dan penanggulangan Covid-19 sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan RI dan Peraturan Kemendes.

Waktu ditemui wartawan Jejak Kasus dirumah kediaman Kades Pelajaran Idil Adha mengatakan, beberapa kata pujian, saya selaku Kepala Desa mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, meskipun saat ini sedang musim Panen Kopi, tapi partisipasi masyarakat terhadap pembangunan ini cukup tinggi, sesuai harapan Penduduk Desa (Pendes) agar masyarakat ikut andil dan berpartisipasi terhadap pembangunan yang ada di Desa Pelajaran khususnya.

Saya menghimbau, apapun bentuk pembangunan didesa, maka kita dukung sebagaimana program pemerintah, ungkapnya. (Alam JK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *