Sumsel: 4 Pemdes Kecamatan Ulumusi Adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Tehnis Desa Tentang Perencanaan dan Infrastruktur

jejakkasus.co.id, EMPAT LAWANG –  Sebanyak 4 (Empat) Desa di Kecamatan Ulumusi, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Tehnis Desa melalui Pelatihan Teknis Perencanaan dan Infrastruktur Desa.

Acara ini digelar di 4 Desa masing-masing yang ada di Wilayah Kecamatan Ulumusi, Selasa (15/10/2024).

Desa yang menggelar pelatihan tersebut, yakni Desa Pulau Kemang, Desa Lubuk Puding Baru, Desa Batu Bidung dan Desa Lubuk Puding Lama.

Acara ini mendatangkan Tenaga Ahli (TA) dari Kabupaten Empat Lawang Wawan Setiawan, S.T., dihadiri Camat Ulumusi Mawardi, S.E., M.M, Pendamping Desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD).

Selain itu, juga dihadiri Peserta Pelatihan, yakni Sekretaris Desa, Kaur Perencanaan, Ketua TPK dak Kader Teknis Desa.

Mengacu kepada Peraturan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Nomor 13 tahun 2013 tentang Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang dan Jasa di Desa dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Empat Lawang Nomor 15 tahun 2020 tentang Tata Cara Pengadaan Barang dan Jasa di Desa.

Maka, Pemerintah Desa di Kecamatan Ulumusi merencanakan, menganggarkan dan melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Teknis Desa dalam Penyusunan RAB dan Gambar yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2024.

Peserta Pelatihan dari Desa se-Kecamatan Ulumusi berjumlah 4 orang, yaitu Sekretaris Desa, Kaur Perencanaan, Ketua TPK dan Kader Teknis Desa.

Acara tersebut dibuka oleh Camat Ulumusi Mawardi, S.E., M.M., dan berharap melalui kegiatan ini, Pemerintah Desa melalui Tim Perencanaan Pembangunan Desa mampu menyusun sendiri Perencanaan Pembangunan Desa.

“Terkhusus dalam Penyusunan Desain dan RAB, tidak perlu lagi menggunakan Jasa pihak ke-3 dalam menyusun RAB dan Gambar,” jelasnya.

“Jangan sampai ada Aparatur Pemerintah Desa yang tersandung kasus dalam hal Pengelolaan APBDes, khususnya dana yang bersumber dari Dana Desa (DD),” harapnya.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari yang dilaksanakan di setiap Desa se-Kecamatan Ulumusi.

Wawan Setiawan, S.T., selaku Tenaga Ahli (TA) Infrastruktur Desa Kabupaten Empat Lawang menjelaskan, bahwa tujuan dari Pelatihan adalah:

Pertama, meningkatkan kualitas sarana prasarana yang dibangun di Desa.

Kedua, meningkatkan kemampuan masyarakat terutama dalam pengadaan dan pengelolaan kegiatan sarana prasarana Desa.

Ketiga, mewujudkan Kemandirian Teknik Desa.

“Kegiatan Peningkatan Kapasitas masyarakat telah direncanakan dan tertuang dalam RPJMDesa dan RKPDesa, untuk mendukung penuh kegiatan pelatihan ini dalam rangka menciptakan Kemandirian Desa dalam membangun menuju Visi Misi Desa,” jelasnya.

Pantauan jejakkasus.co.id, kegiatan ini berjalan tertib, lancar, aman, dan semoga dengan adanya acara ini dapat bermanfaat. (Sulman/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *