Sumsel: Upaya Turunkan Stunting, Tim PKK Kecamatan Adakan Sosialisasi Peningkatan Makanan Tambahan di Desa Desa

jejakkasus.co.id, EMPAT LAWANG – Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Nelda beserta anggota adakan sosialisasi tentang peningkatan makanan tambahan kepada Tim PKK di Tingkat Desa dalam upaya penurunan Stunting, Rabu (18/9/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan di 5 Desa masing-masing, yakni Desa Galang, Tanjung Agung, Pulau Kemang, Desa Lubuk Puding Lama dan Desa Padang Tepong.

Kegiatan ini dihadiri dari Lembaga Kesehatan Pusat Kesehatan Masyarakat (Pukesmas) Kecamatan Ulumusi Heni Novia Ragap, AMD.AZ., selaku Narasumber Bagian Ahli Gizi dan Tim Penggerak PKK Tingkat Kecamatan selaku Narasumber, dan dihadiri Ketua Tim PKK Tingkat Desa beserta anggota selaku Peserta.

Acara ini dilakasanakan selama dua hari, yakni Selasa hari pertama di Desa Galang dan Desa Tanjung Agung, Rabu hari kedua di Desa Pulaukemang, Desa Lubuk Puding Baru dan Desa Padang Tepong.

Dalam penyampainya, Heni Novia Ragap dari ahli Gizi menyampaikan, bahwa Pemberian Bantuan Makanan Tambahan (PMT) dan Promosi Makanan B2SA oleh Pemerintah mengantisipasi dari
Kekurangan Nutrisi, seperti Protein, Kalori, Vitamin dan Mineral, dalam hal ini dapat menghambat pertumbuhan anak.

Hambatan ini dapat berujung pada tubuh yang kurus dan tidak proporsional dengan tingginya, atau badannya kurus dibandingkan anak seusianya. Ibu tidak sepenuhnya salah. Namun, dua kondisi tersebut masih bisa diputarbalikkan dengan perbaikan Asupan Nutrisi.

“Tidak hanya itu, Stunting perlu diketahui, bahwa kondisi ini terjadi akibat Malnutrisi yang terjadi dalam jangka waktu yang lama. Kondisi Stunting tidak bisa diubah apabila sudah lebih dari 2 tahun, dan akan berdampak pada perkembangan kognitifnya. Pasalnya, Stunting menjadi perhatian dan berbahaya, karena bukan saja berpengaruh terhadap tinggi badannya, tetapi perkembangan Otaknya yang tidak dapat diubah,” jelasnya.

Lanjut Heni, selain itu, di antaranya ada 10 Program Pokok PKK, pada hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia. Yaitu Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, Perencanaan Sehat Tim Penggerak PKK.

“Gerakan PKK merupakan Gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat. Pemberdayaan Keluarga meliputi segala upaya Bimbingan, Pembinaan dan Pemberdayaan agar keluarga dapat hidup sejahtera, maju dan mandiri,” terangnya.

“Tim Penggerak PKK adalah Mitra Kerja Pemerintah, dan Organisasi Kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai Fasilitator, Perencana, Pelaksana, Pengendali dan Penggerak pada masing-masing jenjang, demi terlaksananya Program PKK,” ujarnya.

“Selain dari itu, masih banyak Program Program di dalam tubuh PKK. Harapannya agar kegiatan PKK di Desa dapat berjalan Efektif,” pungkasnya.(Sulman/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *