Babel: Peringati Haornas, Bapor Korpri Beltim Gelar Turnamen Antar Pegawai

jejakkasus.co.id, BELITUNG TIMUR – Badan Pembina Olahraga Korps Pegawai Negeri RI (Bapor Korpri) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Bangka Belitung (Babel) menggelar Turnamen antar Pegawai di Lingkungan Pemkab Beltim, Jumat (13/9/2024).

Turnamen ini digelar dalam rangkaian Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2024 lalu dan HUT Korpri ke-52.

Turnamen ini baru pertama kali digelar sejak Bapor Kopri Beltim terbentuk 2022 lalu. Cabang Olahraga yang dipertandingkan kali ini terdiri dari Catur, Voli Putri, Bulutangkis Putra-Putri, Futsal Putra dan Tenis Meja.

Ditemui saat Pertandingan Final Voli Putri di Lapangan Voli Outdoor GOR Damar, Ketua Bapor Kopri Beltim Sarjano mengatakan, Turnamen ini lebih kepada untuk menggiatkan lagi Olahraga di Kalangan ASN, sekaligus pula ajang silaturahmi dengan sesama Pegawai Pemkab Beltim.

“Sesuai namanya, ajang ini diperuntukkan bagi Pegawai ASN dan PPPK. Namun, mengingat keterbatasan SDM yang ada di tiap OPD, Pegawai Non ASN masih diperbolehkan ikut dengan syarat. Syaratnya tetap harus 50 persen ASN, misalnya Voli ini Olahraga Tim, di Lapangan harus minimal 3 orang ASN dalam satu Tim. Begitu pula dengan Bulutangkis dan Cabor lainnya,” jelas Sarjano.

“Keterbatasan SDM ini membuat tidak semua OPD ikut serta dalam setiap Cabor, bahkan banyak OPD yang tidak mengirimkan Tim atau Atlet perorangan. Makanya kita himbau kepada OPD-OPD di Pemkab Beltim, kegiatan ini akan rutin kita laksanakan setiap tahunnya. Mulai sekarang, sering-seringlah berolahraga, minimal setiap Jumat,” ujar Sarjano.

Terkait pendanaan, Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim ini mengatakan, sebagian besar anggaran dibantu oleh KONI Beltim melalui Hibah, karena mengingat anggaran dari Dana Korpri kurang memadai.

“Pengeluaran terbesar kita untuk Wasit, seperti Voli atau Futsal. Makanya kalau hanya mengandalkan dari iuran Korpri sangat kurang,” ungkapnya.

Sementara itu, KONI Kabupaten Beltim menghibahkan Rp 100 juta untuk Bapor Korpri Beltim. Hibah ini untuk membantu pelaksanaan Turnamen dan juga Organisasi Bapor Korpri Beltim.

Sekretaris KONI Beltim Febriawan mengatakan, bantuan ini juga lantaran Bapor Korpri merupakan salah satu anggota KONI Kabupaten Beltim, mengingat keanggotan KONI terdiri dari Pengurus Cabang Olahraga Prestasi dan Cabang Olahraga Fungsional.

“Salah satu Cabang Olahraga Fungsional yang bisa dibentuk di Kabupaten Beltim itu Bapor Korpri. Isinya ASN di lingkungan Pemkab Beltim,” jelasnya.

Febri menambahkan, Bapor Kopri sebelumnya telah mengajukan Proposal untuk kegiatan Peringatan Haornas tahun 2024. Di mana di tahun 2023 lalu KONI juga telah menghibahkan anggaran yang sama, namun untuk membantu proses keberangkatan Tim Porprov Bapor Kopri Beltim.

Makanya kata Febri, di tahun ini kita bantu Rp 100 juta dengan harapan ada sharing cost dari anggaran Kopri, ternyata tidak memungkinkan.

Untuk itu, Febri berharap, ke depan Korpri Beltim akan lebih dominan, mengingat kegiatan Pertandingan Olahraga Bapor Kopri akan terus rutin dilaksanakan.

“Nanti Ajang Turnamen ini untuk seleksi ASN ke Ajang Porprov Bapor Korpri. Kita akan bantu, karena KONI juga ingin mensukseskan dan memasyarakatkan Olahraga, terutama untuk Kalangan Pegawai di Pemkab Beltim,” ujar Febri.(MR)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *