Aceh: Presiden Jokowi Resmi Buka PON XXI Tahun 2024

jejakkasus.co.id, BANDA ACEH – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Senin malam (09/09/2024).

Presiden dan Ibu Iriana tiba di Stadion Harapan Bangsa sekitar pukul 19.30 WIB. Kehadiran keduanya disambut dengan antusias oleh para Penonton yang telah memadati Stadion.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy beserta istri, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Ketua Koni Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Pj. Gubernur Aceh Safrisal ZA beserta istri, dan Pj. Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni.

Tampak hadir pula sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan para pimpinan Lembaga Tinggi Negara.

Peresmian ini menandai dimulainya Ajang Olahraga terbesar di Indonesia yang akan diikuti oleh ribuan Atlet dari seluruh Provinsi di Tanah Air.

Acara dimulai dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan oleh Penyanyi Tiara Andini, disusul dengan Hymne Aceh dan Mars PON yang semakin menggelorakan semangat Kebangsaan dan sportivitas.

Selanjutnya, Pembacaan Ayat Suci Alquran Surah Ali-Imran ayat 133-134 oleh Muhammad Ahsin yang merupakan Juara 2 Qori Cabang Tilawah pada MTQ Internasional di Aljazair Tahun 2022.

Tampak para tamu undangan juga dihibur dengan Persembahan Tarian “Aceh Seumapa” yang memukau dengan gerakan energik dan penuh makna.

Tak ketinggalan, Theme Song PON XXI turut diputar untuk menambah semangat para Peserta dan Penonton.

Kemudian, acara Defile Kontingen PON XXI yang diikuti oleh perwakilan para Atlet dan Ofisial dari seluruh Indonesia, dimulai dari para Wasit dan ditutup oleh para Atlet dari Tuan Rumah Provinsi Sumatera Utara dan Aceh.

Pada momen yang penuh khidmat, Bendera Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dikibarkan diiringi dengan Hymne PON, disusul dengan Pembacaan Janji Atlet oleh Peraih Emas Cabang Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024 Veddriq Leonardo, serta janji Wasit oleh Wasit Cabang Olahraga Menembak K.S. Hendry Oka.

Acara dilanjutkan dengan Penayangan Video bertajuk “The Light of Aceh,” yang menampilkan keindahan dan Kekayaan Budaya Aceh.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras menyukseskan PON XXI.

Menurut Jokowi, bahwa PON merupakan ajang untuk melahirkan lebih banyak atlet-atlet terbaik bangsa yang bisa memecah Rekor Dunia.

“PON juga ajang melahirkan lebih banyak Calon Peraih Medali Emas di Asian Games, di SEA Games, dan bahkan di Olimpiade,” ujar Jokowi.

Jokowi menyebutkan, jika PON ini juga ajang masyarakat Indonesia untuk semakin mempererat persatuan dan memperkokoh tali persaudaraan sesama Anak Bangsa.

“Yang juga tidak kalah penting, PON ini juga ajang kita untuk semakin mempererat persatuan kita, semakin memperkokoh tali persaudaraan kita sebagai sebuah Bangsa,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta agar para Atlet yang bertanding untuk menunjung tinggi sportivitas dan fair play.

“Mari kita semua merayakan Pekan Olahraga ini dengan semangat kebersamaan, semangat sportivitas dan kegembiraan untuk mengukur prestasi yang membanggakan Negeri,” tutur Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga merasa gembira dan penuh semangat dalam menyambut Pesta Olahraga terbesar di Tanah Air itu.

“Malam ini, saya juga ingin menyampaikan terima kasih untuk Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Aceh yang menjadi Tuan Rumah Pembukaan PON XXI pada malam hari ini,” pungkasnya.

Prosesi Penyalaan Kaldron Api PON XXI Tahun 2024 dan sejumlah Pertunjukan Kesenian serta Pertunjukan Kembang Api yang menghiasi Langit Banda Aceh menjadi penutup acara peresmian pembukaan PON kali ini. (Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *