Babel: Moment Paripurna HUT RI ke-79, Lapas Tanjungpandan Raih Penghargaan Pelayanan Kesehatan

jejakkasus.co.id, BELITUNG – Inovasi Unggulan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan kembali meraih Penghargaan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung atas pelaksanaan Layanan Kesehatan Terintegrasi (LANKSAT) bagi Warga Binaan.

Inovasi tersebut, merupakan sinergitas antara Lapas Kelas IIB Tanjungpandan melalui Klinik Pratama LADA bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung dan RSUD Marsidi Judono.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Belitung didampingi Wakil Ketua beserta PJ .Bupati Belitung Mikron Antariksa didampingi Sekretaris Daerah kepada Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan bertempat di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Belitung pada saat Sidang Paripurna Istimewa dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI ke-79, Jumat (16/8/2024).

Kepada Media, Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Gowim Mahali menjelaskan, Penghargaan yang diterima sebagai daya dorong untuk membangkitkan semangat kinerja seluruh jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Berbagai Inovasi pelayanan publik terus dilahirkan untuk memberikan dampak Pembinaan dan Pelayanan yang positif bagi Warga Binaan maupun masyarakat.

Gowim menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Belitung dalam upaya pemenuhan hak-hak Warga Binaan di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

“Inovasi Lanksat ini menjadi jawaban, pemenuhan hak kesehatan yang optimal melalui Operasional Klinik Pratama Lapas Tanjungpandan yang didukung dengan hadirnya Dokter penanggung jawab Klinik dan Apoteker dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung,” ungkapnya.

“Dengan sinergi melalui inovasi Lanksat ini, Warga Binaan di Lapas Tanjungpandan mendapatkan Pelayanan Kesehatan, baik Promotif, Preventif dan Kuratif dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, hingga Rujukan Pasien ke RSUD Marsidi Judono,” ujarnya.

“Kekurangan Tenaga Medis di Lapas menjadi tantangan dan motivasi kami untuk berinovasi melalui sinergi yang kuat dengan Pemerintah Daerah. Alhamdulillah, menghasilkan sesuatu yang berdampak positif dan menjadi Kado Istimewa bagi kami di Hari Ulang Tahun Kemerdekan, serta Hari Pengayoman tahun ini,” jelas Gowim.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Belitung Ansori menjelaskan pihaknya sangat mengapresiasi terobosan jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dalam Pembinaan Warga Binaan, khususnya Pemenuhan Hak Kesehatan Warga Binaan.

Dirinya menjelaskan, meskipun berada di Lapas, hak-hak sebagai Warga Negara harus tetap terpenuhi.

“Semangat untuk Kalapas, teruslah berbuat yang terbaik di Pulau Belitung. Kami selalu mendukung,” pungkasnya. (MR)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *