Madura: Acara Tahunan Karapan Sapi Sekawedanan yang di Gelar di Desa Murtaji Pademawu Berlangsung Meriah

jejakkasus.co.id, PAMEKASAN – Acara Karapan Sapi Sekawedanan diadakan di lapangan Karapan Sapi Asemanis, Desa Murtaji Pademawu, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Minggu (04/08/2024).

Acara Karapan Sapi Sekawedanan ini diikuti sebanyak 48 peserta dari beberapa kecamatan di Kabupaten Pamekasan diantaranya, Kecamatan Propo, Kecamatan Tlanakan dan Kecamatan Pamekasan Kota.

Acara yang diketuai H. Fathor Rosi, S.H., mendapat pengamanan dari personil Polsek Pademawu dan Polsek Kota Pamekasan juga Koramil Pademawu dan Koramil Kota Pamekasan.

Pengamanan tersebut mengingat peserta dan penonton yang hadir membludak memadati Lapangan Karapan Sapi Asemanis, Desa Murtahi Pademawu.

Sebelum berlangsungnya acara pada pulul 10.00 WIB, beberapa personel melaksnakan apel di sekitaran lapangan kerapan sapi Asemanis. Apel tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolsek Pademawu IPTU mariyono.

Pada kesempatannya, Ketua panitia Karapan Sapi Asemanis menyampaikan himbauan dari Kapolres Pamekasan yaitu tidak boleh berjudi dan membawa Senjata tajam (Sajam).

“Karna ajang kerapan sapi ini adalah bentuk silahturohmi,” tegas H. Fathor Rosi saat memberikan himbauan kepada warga masyarakat yang hadir.

Disamping itu, Ketua Pakar Sakera berharap acara Karapan Sapi ini bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Untuk lebih memeriahkan acara Karapan Sapi Sekawedanan, Fahrur Kepala desa Mangar juga ikut menjadi salah satu peserta dan lebih uniknya lagi, Sapi yang diikut sertakan diberi nama Korban Perasaan.

Dalam hal ini, Fahrur Kepala Desa Mangar berharap acara tahunan Karapan Sapi Sekawedanan terus dilestarikan.

“Acara tahunan Karapan sapi ini jagan sampai punah karena kerapan sapi ini adalah ikon dari pulau madura,” ujarnya.

Sementara, Muhamad Fadoni Joki Karapan Sapi Bun Muda atau Korban Perasaan yang berusia 13 tahun saat ditemui jejakkasus.co.id., nampak malu-malu pada kesempatan wawancaranya.

“Saya malu dan tidak mau berkomentar,” ucap Doni sapaan akrabnya kepada jejakkasus.co.id.

Terlihat Doni sangat bersemangat dan sangat berantusias mengikuti acara Karapan Sapi Sekawedanan yang berlangsung di Desa Murtaji Pademawu.

Pewarta: Akhmad

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *