Jawa Tengah: Pemdes Dukuhbadag Realisasikan Pembangunan Talud Penahan Jalan Usaha Tani

jejakkasus,co,id, BREBES – Pemerintah Desa (Pemdes) Dukuhbadag telah melaksanakan pembangunan Talud Penahan Jalan Usaha Tani (JUT) yang berlokasi di RW 05 Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (28/06/2024).

Panjang volume 150,00 m, tinggi 1,2 m, dan pakai Batu Belah volume 78 m3, kontruksi-pas Batu Belah Camp, 1;4 + Pas, Plester 1;3 + Acian dengan anggaran senilai Rp 123,800,000,-.

Pekerjaan tersebut dilaksanakan oleh Tim TPK yang bersumber dana dari APBN Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2024, dan memiliki tujuan utama untuk memperkuat Penahan Jalan Usaha Tani (JUT) agar fasilitas jalan yang memadai untuk mobilitas warga masyarakat para Petani.

Kepala Desa (Kades) Muhyidin pada saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa Pembangunan Talud Penahan Jalan Usaha Tani (JUT) di jalan tersebut sangat penting sekali bagi warga masyarakat, dikarenakan jalan tersebut adalah Jalan Poros yang menghubungkan antara Desa Dukuhbadag dengan Desa Pende dan Ciampel.

Lanjutnya, Jalan tersebut juga digunakan sarana transportasi hasil Pertanian bagi warga masyarakat sekitar.

Kepala Desa Muhyidin menambahkan, pembangunan Talud Penahan Jalan Usaha Tani (JUT) tersebut agar lebih kuat, dikarenakan itu merupakan jalur akses utama yang digunakan sehari-hari oleh para Petani, dan pengguna jalan lainnya.

“Itu pun, sebelum pekerjaan ini dilaksanakan, kami mengadakan Musyawarah Dusun (Musdus), Musyawarah Desa (Musdes) dan Musrenbangdes mana saja yang perlu diprioritaskan dulu,” ungkapnya.

Menurut Kades Muhyidin, pembangunan Talud Penahan Jalan Usaha Tani (JUT) bukan hanya sebagai sarana untuk melindungi Tanah para Petani, tetapi juga sebagai upaya nyata untuk meningkatkan kesejahteraan Petani, dengan memastikan akses yang mudah dan lancar.

“Diharapkan para Petani dapat mengoptimalkan hasil Panennya mereka, dan mendukung ketahanan pangan di wilayahnya tersebut,” tuturnya.

“Pekerjaan ini juga sejalan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan, terutama dalam menciptakan infrastruktur yang mendukung Pertanian dan mobilitas masyarakat setempat, dengan kerja sama yang baik antara Pemerintah dan masyarakat. Pembangunan Talud Penahan Jalan Usaha Tani bisa memberikan dampak yang positif besar bagi kemajuan ekonomi dan sosial,” pungkasnya.(Warsodik)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *