Jawa Barat: Klinik Utama Jasa Prima Gelar Seminar Pencegahan Virus DBD

jejakkasus.co.id, CIREBON – Klinik Utama Jasa Prima menyelenggarakan Seminar Edukasi Penguatan Layanan Kesehatan sebagai upaya untuk memberantas dan mencegah penyebaran DBD bertempat di Lantai II Klinik Utama Jasa Prima, Jalan Raya Pilang, Pilangsari, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Jumat (10/05/2024).

Hadir Owner Klinik Utama Jasa Prima Dr. Ir. H. Hom Hom, MP., Direktur Klinik Utama Jasa Prima dr. Atika Nopitri didampingi dr. Adelina dan Staf, serta para tamu undangan dari masyarakat umum lainnya.

dr. M. Yanuar Anggara, Sp.A., M.Kes., selaku Narasumber menjelaskan, Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah bentuk Demam Berdarah (DB) yang dapat mengancam jiwa.

DBD adalah penyakit infeksi oleh Virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan Nyamuk Aedes Aegypti. Negara beriklim Tropis dan Subtropis beresiko tinggi terhadap penularan Virus tersebut.

Hal ini dikaitkan dengan kenaikan temperatur yang tinggi dan perubahan Musim Hujan dan Kemarau disinyalir menjadi faktor resiko penularan Virus Dengue.

dr. Yanuar menyebut, bahwa banyak upaya yang harus dilakukan, mulai dari pemberantasan Sarang Nyamuk, pengobatan Pasien, hingga sosialisasi pencegahan.

Ia juga menyebut untuk memantau Jentik Nyamuk yang ada di sekeliling tempat tinggal.

“Terutama di tempat-tempat yang biasa menjadi Sarang Nyamuk seperti di Bak Mandi karena jarang dikuras, Genangan Air di Sampah Kaleng atau Plastik Kemasan Air Minum,” jelasnya.

dr. Yanuar juga berharap, masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, dengan mensosialisasikan upaya-upaya pencegahan untuk memutus mata rantai hidup Jentik Nyamuk DBD.

“Sarang Nyamuk tersebut hendaknya diberantas dengan segera agar tidak menimbulkan DBD. Oleh sebab itu, biasakan perilaku hidup sehat dengan lingkungan yang bersih,” harap dr. Yanuar.

Dalam sambutannya, dr. Atika pun menyampaikan, bahwa di Klinik Utama Jasa Prima telah menyediakan layanan Vaksin Demam Berdarah. (Om JK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *