Jawa Tengah: Pemdes Karangjunti Realisasikan Dana Desa untuk Bangun Jembatan

jejakkasus,co.id, BREBES – Pemerintah Desa (Pemdes) Karangjunti yang dipimpin oleh Kepala Desa (Kades) Sohendi merealisasikan Dana Desa (DD) tahun 2024 untuk membangun Jembatan.

Pembangunan Jembatan tersebut tepatnya berada di Dukuh Prapag, RW 05 Desa Karangjunti, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (10/05/2024).

Pembangunan Jembatan merupakan salah satu kebutuhan utama bagi para Petani dan masyarakat pada umumnya yang bertujuan untuk mempermudah akses, memperlancar dan meningkatkan roda perekonomian masyarakat setempat.

Manfaat dari segi ekonomi bagi masyarakat setempat, yakni meningkatkan laju atau pertumbuhan ekonomi masyarakat, munculnya aktivitas ekonomi dalam bentuk pengangkutan hasil Panen para Petani menjadi mudah dengan adanya pembangunan Jembatan tersebut.

Kades Karangjunti Sohendi mengatakan, setelah adanya pembangunan Jembatan penghubung Sawah dengan Jalan ini, nanti ke depannya akan dilakukan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) untuk tahun berikutnya.

Kades Karangjunti Sohendi juga menerangkan, bahwa pembangunan Jembatan ini adalah prioritas utama, demi kelancaran akses masyarakat, khususnya Petani.

“Itupun dengan persetujuan masyarakat lewat Musdus (Musyawarah Dusun), setelah itu dilaksanakan Musdes (Musyawarah Desa). Alhamdulillah, semua warga masyarakat menyepakati untuk dilaksanakannya pembangunan Jembatan dari dasar keputusan Musdes tersebut,” ungkap Kades Sohendi.

“Pembangunan Jembatan dikerjakan dengan Swakelola khusus masyarakat setempat, yakni warga Desa Karangjunti, dan TPK (Tim Pelaksana Kegiatan). Pembangunan Jembatan pun sesuai Spek atau aturan yang sudah di atur oleh Pemerintah,” terang Kades Karangjunti Sohendi.

“Pekerjaan ini dilaksanakan dengan
Sumber Dana dari APBDes Dana Desa tahun 2024, dengan menelan biaya sebesar Rp 216.200,000,- (termasuk BOP),” tutur Kades Sohendi.

“Volume lebar 3 Cm, panjang 6 Cm, tinggi dari Galian 570 Cm, ketebalan Coran 0,20, dan Ceker Ayam dengan Besi 12 penuh, lebar 80 Cm, tinggi 110 Cm ditambah Talud dari Jembatan ke Jalan 12 meter kanan kiri, dari Jembatan ke Sawah Talud sepanjang 19 meter kanan kiri,” papar Kades Sohendi.

“Semoga, dengan pembangunan Jembatan ini, warga masyarakat Desa Karangjunti merasa terbantu, dan sesuai dengan harapannya,” tutur Kades Sohendi.

Kades Sohendi menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Karangjunti agar saling menjaga adanya pembangunan Jembatan ini, supaya berjalan dengan baik sesuai dengan RAB.

“Tujuan utamanya, saya ingin masyarakat Desanya maju, baik pembangunan dan juga meningkatnya ekonomi warga masyarakat,” pungkasnya. (Warsodik)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *