Babel: Jelang Pemilu, Apel Pergeseran Pasukan Digelar untuk Pengamanan TPS

jejakkasus.co.id, BELITUNG TIMUR – Kapolres Belitung Timur (Beltim) AKBP Arif Kurniatan memimpin Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan TPS Operasi Mantap Brata Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2024 di Wilayah Hukum Kabupaten Beltim, bertempat di Halaman Mapolres Beltim, Senin (13/02/2024)

Dalam sambutannya, Kapolres Beltim AKBP Arif Kurniatan mengatakan, tujuan Gelar Apel ini untuk mengecek kesiapan sarana prasarana dan kendaraan, kesehatan serta fisik personel yang terlibat dalam pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Apel pergeseran Pasukan PAM TPS ini merupakan representasi dari kesiapan kita atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh Negara dan seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat di Kabupaten Beltim untuk menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran Pemungutan Suara Pemilu 2024,” kata Kapolres Beltim AKBP Arif Kurniatan.

Dijelaskannya, dalam Apel Pergeseran Pasukan ini, seluruh anggota Kepolisian dalam keadaan siap. Dimana Pengamanan TPS merupakan ujung tombak dan garda terdepan Polri, yang memikul beban dan tanggung jawab dalam Pengamanan Tahapan Pemungutan Surat Suara.

‘Permasalahan yang terjadi di salah satu TPS bisa memberikan efek domino, berdampak luas sampai di Tingkat Mahkamah Konstitusi. Oleh karena itu, tingkatkan kesigapan, Naluri, dan Insting rekan-rekan semua untuk memastikan Pengamanan di TPS nanti berjalan aman dan kondusif,” ungkap Kapolres.

Ia juga mengingatkan, untuk antisipasi potensi ancaman dan kerawanan yang mungkin akan terjadi pada saat Tahapan Pemungutan Suara.

“Potensi ancaman dan kerawanan Pertama: adanya aksi ancaman/teror, Kedua:  intimidasi kepada petugas TPS dan Pemilih yang hendak menuju ke TPS, Ketiga: adanya Oknum yang memaksakan hak untuk memilih, dan Keempat: adanya provokasi dari Oknum-Oknum tertentu yang mengacaukan dan menggagalkan jalannya Pemungutan Suara tersebut,” jelas AKBP Arif Kurniatan.

Sementara itu, Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar menyampaikan Pemilu adalah momentum penting bagi Warga Negara untuk menentukan arah dan Pemimpin Negara masa depan.

“Saya mengapresiasi jajaran Polres Beltim atas pelaksanaan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Operasi Mantap Brata. Semoga, pelaksanaan Pemilu di Beltim berjalan dengan lancar dan aman dengan dukungan semua pihak,” pungkasnya. (MR).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *