Jawa Barat: Wujudkan Keselamatan dan Keamanan serta Kenyamanan Berlalu Lintas, Dishub Bersama Polresta Cirebon Sidak PO Bus

jejakkasus.co.id, CIREBON –  Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Polresta Cirebon menggelar Inspeksi Keselamatan Angkutan Jalan dan Ramchek ke sejumlah PO Bus yang ada di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Senin (18/12/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjelang Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) sebagai upaya mewujudkan Keselamatan dan Keamanan serta Kenyamanan Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sejumlah Pengecekan pun dilakukan, mulai dari Pengecekan Kondisi Kendaraan dan Pengecekan Kesehatan terhadap Awak Pengemudi Angkutan Bus.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Cirebon H. Asdullah Anwar melalui Sekretaris Dinas Perhubungan (Sekdishub) Hilman Firmansyah menuturkan, dalam pelaksanaan kegiatan ini dilakukan Pemeriksaan Ramchek Kendaraan, Pemeriksaan Surat-surat Kendaraan, Pemeriksaan Sistem Manajemen Keselamatan dan K3, serta Pemeriksaan Kesehatan Pengemudi.

“Dari hasil Pemeriksaan Surat-surat dan Manajemen Keselamatan dinyatakan lengkap,” jelas Hilman.

Hilman menyampaikan, beberapa Pemeriksaan Kendaraan di PO Bus yang berada di Kecamatan Plumbon, ada beberapa temuan terkait dengan Kendaraan Bus yang diperiksa.

“Dalam Pemeriksaan itu ditemukan, Pintu Darurat Kendaraan Bus yang seharusnya bebas hambatan, namun digunakan Kursi Penumpang. Sehingga, kondisi ini menjadi atensi pihaknya untuk disampaikan ke pada Manajemen PO,” ungkap Hilman.

“Kita temukan juga kondisi Ban di Bengkel, karena beberapa Ban Vulkanisiran yang sudah tidak layak pakai,” ujar Hilman.

Lanjut Hilman, di PO Garuda Mas, pihaknya memeriksa kendaraan Bus DAMRI yang berplat Nomor BG (Jambi), dimana Sopir Kendaraan diperiksa oleh Bidokes Polresta dan juga Unit Narkoba.

“Namun Alhamdulillah, dari hasil Pemeriksaan tidak ditemukan Penyalahgunaan Narkotika maupun Obat-obatan terlarang,” terang Hilman.

Sementara, IPDA Heru Cahyo Kanit Kamsel didampingi Kanit II Satnarkoba Polresta Cirebon IPDA Yasin mengatakan, hasil Pemeriksaan terhadap seluruh Pengemudi Kendaraan, baik Pengemudi Utama maupun Pengemudi Cadangannya dinyatakan bebas dari Zat-zat berbahaya.

“Pihak kami melakukan Tes Urine bagi Pengemudi Kendaraan Angkutan Umum dan semua Pengemudi dinyatakan dalam keadaan sehat bebas dari Zat-zat berbahaya,” kata Heru.

Heru menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya dalam mewujudkan Keselamatan dan Keamanan serta Kenyamanan Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Wilayah Kabupaten Cirebon.

“Insya Allah, kami akan Intens melaksanakan kegiatan ini agar tidak terjadi lagi Kecelakaan Lalu Lintas yang dapat memakan korban jiwa. Pemerintah hadir melalui kerja sama, sinergitas dan kolaborasi dari seluruh Stakeholder yang berkepentingan,” pungkasnya. (Om JK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *