Jawa Barat: Sukses Bangun Taman Parkir Sumber, Dishub Kabupaten Cirebon Kembali Akan Bangun Taman Parkir di Kelurahan Watubelah

jejakkasus.co.id, CIREBON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan kembali membangun Taman Parkir di Tahun 2024 mendatang setelah sukses membangun Taman Parkir Sumber.

Tempat Taman Parkir tersebut di Kelurahan Watubelah, tepatnya di sisi Selatan Pintu Masuk Asrama Haji Watubelah, Kabupaten Cirebon, Jawa barat (Jabar)

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon H. Asdullah Anwar melalui Kepala Bidang Prasarana Yayan Sunarya mengatakan, pembangunan Taman Parkir Watubelah merupakan wacana yang sudah lama, yaitu untuk mengakomodir Parkir diseputaran Watubelah, mulai dari Pengunjung Jamaah Haji, Manasik Haji Anak-anak TK maupun RA dan lainnya.

“Tanah di sana ada 7000 meter, namun baru bisa yang dimanfaatkan sekitar 2000 an. Karena anggaran terbatas, karena tahun 2024 baru ada anggaran kurang lebih Rp 800 jutaan,” kata Yayan, Kamis (14/12/2023).

Menurut Yayan, titik lokasi rencana pembangunan Taman Parkir di Watubelah tersebut berada disamping Asrama Haji Watubelah. Tujuannya, adalah untuk mengakomodir Parkir Kendaraan, utamanya saat ada kegiatan Pengunjung Jamaah Haji, Manasik Haji Anak-anak TK maupun RA dan lainnya.

“Taman Parkir itu nanti bisa tampung 16 Bus, 30 Minibus dan 100 Sepeda Motor,” kata Yayan.

Yayan mengakui, pembangunan Taman Parkir dengan luas 2000 meter persegi masih belum maksimal menampung kendaraan. Untuk memaksimalkannya, pembangunan akan dilanjutkan pada 2025 nanti.

“Sementara ini Taman Parkir dulu yang dibangun dengan fasilitas utama, seperti Musala, Toilet dan Tempat Tunggu. Tempat Penunjang lainnya, seperti Shelter dan lainnya nanti di 2025,” terang Yayan.

Yayan menambahkan, rencana pembangunan Taman Parkir tersebut juga melibatkan Dinas terkait lainnya, di antaranya Bappelitbangda, Satpol PP, Disperdagin, dan DLH.

“Sejumlah Dinas yang dilibatkan tersebut, pada saatnya nanti akan bekerja sama dengan pihaknya sesuai Tupoksinya masing-masing. Bahkan, saat penyusunan Detail Engineering Design (DED) beberapa waktu lalu, sejumlah Dinas terkait tersebut juga turut dihadirkan,” ujar Yayan.

“Nantinya kan Taman Parkir ini dapat meningkatkan PAD, karena tempatnya bisa menjadi tempat rekreasi juga,” pungkasnya. (Om JK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *