Jawa Barat: Bupati Imron Bagikan Motor untuk 412 Desa di Kabupaten Cirebon, Kuwu Kusyono : Terima Kasih Pak Bupati

jejakkasus.co.id, CIREBON – Bupati Cirebon Drs. H. Imron Rosyadi, M.Ag., mengapresiasi semua Kuwu di Kabupaten Cirebon yang sudah mendukung programnya selama ini.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, orang nomor satu di Kabupaten Cirebon tersebut memberikan bantuan Sepeda Motor kepada 412 Desa di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon Nanan Abdul Manan mengungkapkan, bantuan Sepeda Motor tersebut sebagai penunjang kinerja Kuwu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Nanan, bantuan tersebut berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 106 Tahun 2023 tentang Bantuan Keuangan yang Bersifat Khusus untuk Peningkatan Kinerja Pemerintah Desa (Pemdes) berupa Pengadaan Kendaraan Operasional Pemerintah Desa.

“Setiap Desa mendapatkan kendaraan Sepeda Motor Yamaha N-max tipe standar, sesuai dengan E-Kataloug dengan bantuan sebesar Rp 31.550.000,-,” ungkap Nanan.

Nanan menerangkan, untuk menjaga keseragaman spesifikasi, ketersediaan barang, serta efisiensi harga. Pemerintah Desa meminta bantuan kepada Pemerintah Kabupaten, yakni Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) untuk melakukan e-Purchasing.

Pasalnya, sesuai dengan Pasal 34 Perbup Cirebon Nomor 91 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di Desa mengatur, bahwa Pembinaan Pengadaan Barang Jasa di Desa dilakukan oleh Perangkat Daerah yang membidangi urusan Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

“Kami tetap meminta bantuan UKPBJ untuk melakukan e-Purchasing agar lebih seragam dan sesuai dengan spesifikasi,” kata Nanan.

Lanjut Nanan, pembelian Sepeda Motor jenis N-max tersebut dilakukan secara Nontunai  (Cashless) ke Rekening Penyedia setelah dilakukan serah terima hasil pekerjaan yang dituangkan dalam berita acara serah terima.

Nanan menjelaskan, nantinya penyedia melaksanakan pengiriman Unit Kendaraan bermotor secara bertahap ke tiap-tiap Pemerintah Desa.

“Jadi, Kasi atau Kaur Pemerintah Desa selaku PPKD melakukan pembayaran secara Nontunai (Cashless), nantinya penyedia akan mengirimkan kendaraan bermotor secara bertahap ke semua Desa di Kabupaten Cirebon,” jelas Nanan.

Terpisah, H. Kusyono selaku Kuwu Panguragan Kulon, Kecamatan Panguragan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Cirebon H. Imron yang sudah memberikan bantuan Sepeda Motor tersebut, sehingga bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik lagi.

“Tentunya, dengan adanya bantuan Sepeda Motor dari Bupati ini, sangat bermanfaat sekali. Apalagi, Desa Panguragan Kulon ini dengan kondisi lingkungan yang padat, pasti semakin memudahkan mobilitas ke masyarakat dan sangat membantu memudahkan pelayanan ke masyarakat,” kata Kuwu Kusyono kepada jejakkasus.co.id, Minggu (3/12/2023).

“Sepeda Motor bantuan Pak Bupati Imron ini sangat bermanfaat sekali untuk operasional, percepatan pelayanan masyarakat, monitoring kegiatan dan dapat meningkatkan kinerja Kuwu dan Perangkat Desa dalam segala bidang kegiatan pelayanan masyarakat. Yang pasti, memudahkan pelayanan publik,” tutur Kuwu Kusyono.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Bupati Cirebon H. Imron yang sudah memberikan Bantuan Sepeda Motor ini, semoga bermanfaat,” pungkasnya. (Om JK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *