Elektabilitas Capres-Cawapres Menjelang Pemilu 2024, Berikut Hasil Survei LSI Denny JA

Foto: Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024 saat pengambilan nomor urut di KPU, Jakarta.


jejakkasus.co.id, JAKARTA – Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA telah merilis hasil survey elktabilitas terkini dari para Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) dalam Pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Dari hasil survey tersebut memunculkan nama Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mempunyai elektabilitas tertinggi.

Survei yang digelar pada 6 – 13 November 2023 ini melibatkan sebanyak 1.200 responden. Para responden dipilih secara acak atau multistage random sampling.

Metode survey tersebut dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Adapun Margin of error survey sebsar 2,9%. Dengan tingkat kepercayaan 95%.

LSI Denny JA memberi pertanyaan kepada para responden, ‘Jika Pemilu Presiden dilaksanakan di saat survey kita kerjakan, siapakah dari 3 pasangan Capres dan Cawapres yang dipih ?’.

Dari jawaban yang disampaikan, Prabowo-Gibran memperoleh elektabilitas sebesar 40,3%, Ganjar-Mahfud 2,8%, Anies-Muhaimin 20,3% , sedangkan yang memilih opsi tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 10,8%.

“Jadi jika Pilpres dilaksanakan pada saat survey yang kita kerjakan maka pasangan Prabowo-Gibran adalah pasangan Capres-Cawapres dengan elektabilitas tertinggi mencapai 40,3% disusul Ganjar-Mahfud 28,6% dan pasangan AMIN 20,3% dan yang belum menentukan pilihan sebesar 10,8%,” kata LSI Denny JA, Senin (20/11/2023).

Sementara, Adjie Al faraby menyoroti secara khusus terkait Pilpres 2024 yang diprediksi memasuki 2 putaran. Ia menyebut dari elektabiltas yang ada hanya pasangan Prabowo-Gibran yang sudah masuk ke putaran kedua.

“Kita simpulkan bahwa kemungkinan Pilpres akan diselenggarakan dalam 2 putaran dengan data per hari ini, karena yang belum tahu atau belum menjawab hanya tersisa 10,8% dan data ini jika Pilpres dilakukan dalam 2 putaran, maka Prabowo-Gibran yang lolos ke putaran ke dua dengan angka 40,3%,” jelasnya.

Lalu, lanjut Adjie mengatakan, siapa pasangan lain yang ikut lolos bertarung dengan  Prabowo-Gibran di putaran kedua ?.

“Dari data ini kita lihat bahwa sisa tiket masih akan diperebutkan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin karena hanya selisih elektabilitasnya dibawah 10% atau tidak lebih dari 2 digit,” tutupnya.

Jurnalis: FR

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *