Sumsel: Solidaritas Masyarakat Muara Enim Bersatu Tuntut PT Lingga Djaja Perbaiki Pembuangan Limbah

Foto: Solidaritas Masyarakat Muara Enim Bersatu saat menggelar aksi damai di depan PT Lingga Djaja.


jejakkasus.co.id, MUARA ENIM – Solidaritas Masyarakat Muara Enim Bersatu menggelar Aksi Damai di depan PT Lingga Djaja, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Kamis (02/11/2023).

Aksi tersebut mendapat pengawalan dari personel Polres Muara Enim dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Muara Enim.

Dalam tuntutannya, Massa aksi meminta perusahaan PT Lingga Djaja untuk memperbaiki sistem pengelolaan limbah udara dan sungai.

Namun sayang, Aksi yang dilakukan masyarakat Muara Enim Bersatu belum mendapatkan titik terang dari tuntutannya.

Pasalnya, Massa aksi hanya diterima oleh orang-orang yang tidak bisa mengambil kebijakan dan keputusan dari PT Lingga Djaja yakni Kurnia selaku Humas dan Indah Legal Bagian Produksi.

Dalam penjelasannya, Kurnia Humas PT Lingga Djaja mengakui pengelolaan limbah cair di buang ke Sungai Enim. Sedangkan masalah limbah udara pihaknya sudah berupaya mengelola limbah sesuai dengan SOP.

Lebih lanjut, pihak Humas menolak saat massa aksi meminta untuk mengecek lokasi pengelolaan Limbah. Sebab pihaknya harus didampingi  DLH.

“Saya bukanlah pemangku kebijakan dan kami tidak bisa mengambil ke putusan,” jelas Kurnia.

Sementara, Ali Parizi selaku ketua Koordinator Aksi Masyarakat Muara Enim Bersatu sangat menyayangkan hal tersebut karena tidak mendapatkan jawaban yang bisa dipertanggung jawabkan oleh pihak perusahaan PT Lingga Djaja.

Selain itu, Ali Parizi juga mengatakan bahwa akan mengadakan aksi lanjutan dengan massa yang lebih banyak lagi demi tersalurnya tuntutan masyarakat  apabila pihak perusahaan Lingga Djaja tidak ada keterbukaan dengan masyarakat.

“Dan yang menjadi pertanyaan ada apa dengan PT Lingga Djaja, kok bisa tertutup dengan publik dan  kemanakah pemangku kebijakan PT Lingga yang bisa mengambil keputusan untuk menampung Aspirasi masyarakat,” ujarnya.

Lanjut Ali, dan Kemanakah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muara Enim yang katanya akan menghadirkan tim atau utusan untuk hadir di lokasi Aksi.

Pewarta: Agus PS

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *