Jawa Barat: Kunjungi KWT Desa Cidahu, Bunda Menyapa dan Apresiasi Kegiatan Masyarakat Pedesaan

jejakkasus.co.id, KUNINGAN – Ketua PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Siti Rahmatika yang merupakan Istri dari Bupati Kuningan H. Acep Purnama melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) dan mengapresiasi kegiatan masyarakat Pedesaan, terutama para Petani Wanita (KWT) Kecamatan Pasawahan, Kecamatan Mandirancan, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar).

Ketua PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Siti Rahmatika mengunjungi KWT Desa Cidahu, Kecamatan Pasawahan Bunda Ika mengapresiasi karena Desa Cidahu sebagai Desa Percontohan di Bidang Pertanian.

Kunker Ketua PKK tersebut dihadiri oleh Kadis (Kepala Dinas) Kabupaten Kuningan, para Camat, yakni Camat Pasawahan, Camat Mandirancan, Camat Pancalang, juga dihadiri oleh para Kuwu di 3 Kecamatan tersebut.

Bunda Ika Siti Rahmatika mengharapkan, KWT-KWT khususnya di 3 Kecamatan eksis lagi dalam Bidang Pertanian sebagai Ketahanan Pangan.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan yang baru Abdullah memberikan sambutan mengenai dampak Elnino tahun ini.

“Masyarakat jangan tergantung makanan pokok Beras, sebab Beras sama Karbohidratanya Singkong, Ubi, Jagung, Talas, dan sejenisnya,” jelasnya.

Pantauan jejakkasus.co.id, acara tersebut juga disemarakkan dengan Berbalas Pantun, dimulai dari sambutan Kepala Desa Cidahu Abdul Munir juga oleh Camat Pasawahan, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kuningan, dan terakhir oleh Ketua PKK Kabupaten Kuningan Hj Ika Siti Rahmatika yang turut meyemarakan acara tersebut.

“Bahwa di Kecamatan Mandirancan pun ga jauh berbeda dengan Kecamatan Pasawahan Lahan Pertaniannya. Karena Air tidak terdampak oleh Elnino, asal kitanya kreatif,” ujar Camat Mandirancan ketika dikonfirmasi jejakkasus.co.id.

Camat Pancalang Jujun Hendriya menghimbau, agar masyarakat harus memanfaatkan Lahan Pekarangan sebagai langkah untuk dijadikan penghasilan dan kebutuhan sehari-hari sebagai Warung Hidup, Apotek Hidup untuk rumah tangga sendiri secara Polibenisasi atau Polybag atau secara pemberian tempat.

“Untuk kemarau tahun ini, karena yang dibutuhkan masyarakat Tenjolayar Air Bersih, maka yang didahulukan Air Bersih tersebut pada Desa-Desa di Kecamatan Pancalang,” ujar Camat Jujun menambahkan.

Di tempat terpisah, Bupati Kuningan H. Acep Purnama dalam Kunjungan Kerjanya pada Hari Senin, 30 Oktober 2023 di Desa Danalampah, Kecamatan Pancalang mengatakan, bahwa terkait Sertipikat Tanah yang mendaftar PTSL sebanyak 100 Sertipikat.

Bupati berpesan kepada masyarakat setempat, juga umumnya Masyarakat di Kabupaten Kuningan, simpanlah Sertipikat baik-baik, karena ini aset satu-satunya untuk keluarga.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama ketika dikonfirmasi menambahkan, bahwa Program Kuningan Caang disetiap Desa di Perbatasan Kabupaten Tetangga akan dipasang Penerangan Jalan (PJU).

“Dan juga merencanakan Jalan Lingkar Kuningan sampai Kabupaten Cirebon lewat Desa-Desa Perbatasan,” pungkasnya. (Ebong J/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *