Jawa Barat: Tahun ini, Pemkab Cirebon Kembangkan 13 Desa Wisata

jejakkasus.co.id, CIREBON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mendorong Desa-Desa yang memiliki Potensi Wisata untuk dikembangkan.

Kepala Disbudpar Kabupaten Cirebon Abraham Mohammad mengatakan, pihaknya siap mengalokasikan anggaran untuk Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar).

Abraham mengatakan, sebagai langkah awal, Desa dapat membentuk Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis untuk Pemetaan Potensi dan Promosi Daya Tarik Wisata Desa Tersebut.

Abraham berharap, Destinasi Wisata di kabupaten Cirebon tidak hanya hegemoni dikuasai oleh Individu Perorangan saja.

“Maka itu ada namanya Pokdarwis. Kami berdayakan Desa-Desa yang sekiranya ada peluang untuk pengembangan Bisnis Kepariwisataan, kami bantu, dan penganggarannya ada,” kata Abraham saat menghadiri Forum Bisnis Table Top acara West Java Tourism Exchange (WJTE) di Hotel Aston Cirebon, Selasa (10/10/2023).

Adapun besarnya anggaran yang akan dialokasikan tergantung dari kondisi dan potensi Wisata Desa tersebut.

“Bervariasi, ada yang Rp 90 juta, ada yang Rp 110 juta, ada yang Rp 50 juta,” jelas Abraham.

Saat ini sudah ada 31 Desa Wisata yang terbentuk di Kabupaten Cirebon. Dua di antaranya memenangkan Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang digelar Kemenparekraf.

“Untuk tahun ini, kita tambah lagi 13 (Pengembangan Desa Wisata) dengan berbagai macam Potensi Sumber Daya Alam,” pungkasnya. (H. Indang/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *