Jawa Barat: Pembangunan Stadion Watubelah Dilanjutkan, Sutadi : Minggu Keenam Sudah 20 Persen

jejakkasus.co.id, CIREBON – Stadion Watubelah dilanjutkan pekerjaannya, sebab tahun ini mendapatkan kucuran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Cirebon sebesar Rp 9,4 milar.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Stadion Watubelah Sutadi Sukarya mengatakan, saat ini Pembangunan Stadion Watubelah sudah memasuki minggu ke enam. Menurutnya, di minggu ke enam ini, pembangunan sudah melebihi progres yang ditetapkan.

“Minggu ke enam ini sudah 20 persen lebih. Bahkan, Proges di minggu ke enam ini sudah plus satu persen,” kata Sutadi, Rabu (11/10/2023).

Menurut Sutadi, anggaran Rp 9,4 miliar tersebut meliputi Pekerjaan Pembangunan Lapangan Sepakbola dan Area Atletik 6 Lintasan. Hanya saja, dari kemampuan anggaran segitu, Area Pembangunan Lapangan bisa 100 persen. Namun untuk Area Atletik tidak 100 persen selesai.

“Untuk Area Atletik hanya 6 Lintasan, tidak bisa 9 Lintasan. Karena Lahan yang ada hanya bisa untuk 6 Lintasan. Dan dari sisa anggaran Pembangunan Lapangan Sepakbola, untuk Area Atletik yang dilapisi Ruber Sintektik baru bisa 100 meter. Total panjang Area Atletik 450 meter,” jelas Sutadi.

Sutadi menyebut, untuk Spesifikasi Lapangan Sepakbola meliputi lapisan paling bawah adalah geotekstil untuk memisahkan Tanah dan Kontruksi Lapangan. Kemudian, dipasang Pipa, Batu Pecah atau Split 2/3, Batu Skrin setebal 5 cm, Pasir 25 cm, dan terakhir Rumput.

“Kebutuhan Pasir kita agak sulit mencarinya. Kita cari di Cirebon, malah banyak yang tidak cocok untuk Rumput, karena di Cirebon mengandung Garam tinggi. Jadi, Pasir ngambil dari Sumedang. Kalau Rumputnya, kita menggunakan Rumput Natural jenis Zoysia Japonica,” ujar Sutadi.

Sutadi mengatakan, pemilihan Rumput tersebut, sebelumnya melakukan Studi Banding ke PSSI.

“Dan ada hanya dua jenis Rumput yang cocok cuaca di Indonesia, yaitu Zoysia Japonica dan Zoicya Matrella. Karena keterbatasan anggaran kita jadi pakai Zoysia Japonica,” kata Sutadi.

Sutadi menargetkan, kalau sesuai dengan kontrak selesai tanggal 16 Desember. Tapi berharap, sebelum tanggal yang ditentukan sudah selesai semuanya.

“Mudah-mudahan bisa selesai sebelum waktu yang ditentukan. Target kita di akhir November kita Penanaman Rumput. Tapi, jangan langsung digunakan. Maret atau pas hari jadi boleh digunakan,” pungkasnya. (H. Indang/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *