Jawa Barat: Memperingati HUT RI ke-78, Warga Pilangsari Gelar Festival Pitulasan

Foto: Arak-arakan ogoh-ogoh dan replika pahlawan, warga Desa Pilangsari, Kabupaten Cirebon.


jejakkasus.co.id, CIREBON – Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, warga Desa Pilangsari menggelar arak-arakan Festival Pitulasan dengan menampilkan berbagai kreativitas masyarakat setempat, di Desa Pilangsari, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (20/08/2023).

Kegiatan arak-arakan Festival Pitulasan yang diinisiasi oleh Ikatan Pemuda Pilang Dalem (IPPDA), menampilkan replika pahlawan Indonesia dan ogoh-ogoh yang diarak di sepanjang jalan desa.

Pada kesempatannya, Kepala Desa (Kuwu) Pilangsari Muadi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kreativitas warga dalam memperingati HUT RI ke-78 tahun.

“Festival Pitulasan ini sebagai bentuk rasa syukur dan suka cita dalam memperingati kemerdekaan Indonesia. Semua warga dari berbagai kalangan hadir semua disini berbaur dan menyatu,” ujar Kuwu Pilangsari.

Lanjutnya, kegiatan tersebut dilaksanakan rutin setiap tahun setiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI).

“Selain memperingati Hari Kemerdekaan, Kegiatan ini juga menjadi prosesi menumbuhkan bakat seni dan keterampilan warga,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Festival Pitulasan Afin Afiansyah menyatakan, bawah kegiatan tersebut merupakan rangkain kegiatan merayakan HUT RI ke-78.

“Di titik akhir Festival Pitulasan, akan ada pentas seni pada minggu depan dan sekaligus acara puncak,” tutupnya.

Pewarta: Idris

Editor: Fauzy Rasidi
©JEJAK KASUS

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *