Jawa Barat: Kuwu Panguragan Kulon H. Kusyono Bangun Balai Desa Megah

jejakkasus.co.id, CIREBON – Pemerintah Desa (Pemdes) Panguragan Kulon, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat (Jabar) membangun Balai Desa (Kantor Desa) yang megah demi untuk pelayanan yang nyaman dan maksimal kepada masyarakat.

Kuwu/Kepala Desa (Kades) Panguragan Kulon H. Kusyono mengatakan, dibangunnya Balai Desa yang megah ini semata-mata untuk memberikan pelayanan yang nyaman dan maksimal kepada masyarakat, khususnya warga masyarakat Panguragan Kulon.

“Ini untuk kenyamanan pelayanan, karena kalau Kantor Desanya rusak, kumuh, bagaimana mau meningkatkan pelayanan. Untuk itu, kita bangun tempat dulu, sehingga yang dilayani dan pemberi layanan akan menjadi semangat karena tempatnya bagus dan representatif,” kata H. Kusyono kepada jejakkasus.co.id, Jumat (11/08/2023).

H. Kusyono menjelaskan, bahwa pembangunan Balai Desanya dengan pembangunan Pendopo yang berada di depan Balai Desa, dan anggaran semuanya dari dana Pendapatan Asli Desa (PADes) dan sedikit dari Dana Desa (DD).

“Meskipun saat ini Desa Panguragan Kulon Dana Desa-nya dipangkas hingga Rp 600 juta atau sekitar 40 persen, tapi kami tidak mempermasalahkan, karena rezeki ada di Tangan Tuhan, rezeki bisa datang darimana saja,” ujar H. Kusyono.

Pada kesempatan yang sama, Ketua BPBD Desa Panguragan Kulon Kuslani sangat mengapresiasi atas pembangunan yang dilakukan Pemerintah Desa yang dipimpin oleh H. Kusyono, karena semua itu demi kenyamanan pelayanan kepada masyarakat Panguragan Kulon.

“BPD terus bersinergi dengan Pemerintah Desa, sehingga program apa saja yang siap membangun, kami (BPD) sangat mendukung, apalagi untuk kenyamanan pelayanan terhadap masyarakat,” ujar Kuslani.

Kuslani mengatakan, tempat yang bagus sangat penting, Ibarat Burung saat akan bertelur, tempatnya (Sarang) akan dibuat bagus, baru kemudian bertelur. Begitu juga dengan pelayanan, tempatnya dulu dibuat bagus, sehingga  pelayanan akan nyaman, masyarakat yang dilayani juga akan betah.

“BPD sangat mendukung adanya pembangunan Balai Desa. BPD juga akan terus mendukung program-program Pemerintah Desa yang dampaknya sangat dirasakan masyarakat,” ungkap Kuslani.

Kuslani menyebut, Kuwu Panguragan Kulon seorang pemimpin berjiwa adil, adil segalanya dalam hal apapun dan juga sangat bijak saat mengambil keputusan.

“Kuwu juga sangat jujur, dalam hal ini jujur yang menguntungkan masyarakat Panguragan Kulon,” tutur Kuslani.

Kuslani menambahkan, Kuwu Panguragan Kulon juga selalu mengikuti hal-hal positif, mengikuti pembangunan, tidak terbawa oleh hal yang lain yang kiranya berdampak kurang baik bagi masyarakat.

“Kuwu juga memiliki ilmu dan wawasan yang luas yang bermanfaat, sehingga Perangkat Desa bila belajar secara baik tentang bagaimana mengelola Pemerintahan yang baik, dan itu dilakukan Kuwu kepada Perangkat Desanya, sehingga SDM Perangkat Desa bisa mumpuni,” jelas Kuslani.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Panguragan Kulon Agung Prasetyo juga sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Kuwu, karena banyak pembangunan fisik yang telah direalisasikan untuk masyarakat.

“Selain pembangunan Balai Desa yang megah, Kuwu juga selalu mengutamakan pembangunan fisik lainnya, seperti pembangunan Jalan, Gang, dan pembangunan infrastruktur lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat, juga pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM),” pungkasnya. (Om JK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *