Jawa Barat: SMP Negeri Satu Atap Talun Laksanakan MPLS Siswa Baru Tahun Pelajaran 2023-2024

jejakkasus.co.id, CIREBON – Sekolah Menengah Negeri Satu Atap (Satap) Talun melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Siswa Baru Tahun Pelajaran 2023-2024 yang dijadwalkan selama tiga (3) hari, yakni pada 13–15 Juli 2023 bertempat di Jalan Syech Nurjati I B, Blok Manis Kidul, Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar).

MPLS merupakan sebuah kegiatan yang memfasilitasi Siswa Baru untuk beradaptasi dengan lingkungan hingga Kultur Sekolah, juga akan menerima informasi seputar Informasi Dasar, Kurikulum, Struktur Organisasi, hingga Ekstrakurikuler.

Biasanya, pada masa MPLS, Siswa Baru tidak langsung belajar di hari pertama. Namun, kegiatan yang dilaksanakan, seperti berkenalan dengan teman satu Kelas, Guru Wali Kelas, hingga Pengurus Osis.

Siswa Baru juga biasanya akan diajak berkeliling untuk mengetahui Denah tata letak ruangan yang di sekolah. Selain itu, akan ada Demo Ekstrakulikuler untuk memperkenalkan kegiatan-kegiatan yang bisa diikuti Siswa Baru di Luar Kelas.

Wasniyati, S.Pd., M.Pd., selaku Kesiswaan memaparkan terkait persiapan kegiatan MPLS bagi para Siswa Baru yang sudah diterima di SMP Negeri Satap Talun ini.

“Pastikan kamu telah mendapatkan Informasi Dasar tentang sekolah baru yang kamu masuki. Contohnya, seperti Aturan, Kurikulum, hingga kegiatan Ekstrakurikuler yang tersedia. Kamu juga bisa mencari informasi tentang Jadwal, Daftar Kegiatan, dan Daftar Peralatan yang perlu kamu bawa,” papar Wasniyati saat menjadi Pembina Upacara sekaligus membuka kegiatan MPLS, Kamis (13/07/2023).

Wasniyati juga menyampaikan dan menyinggung terkait Peralatan dan Perlengkapan dalam kegiatan MPLS

“Siapkan Perlengkapan dan Peralatan yang mungkin kamu butuhkan di sekolah. Ini bisa termasuk Buku-buku Pelajaran, Alat Tulis, Tas, Seragam, Sepatu, dan Perlengkapan Olahraga. Periksa juga daftar yang diberikan oleh sekolah untuk memastikan kamu tidak melewatkan apapun,” terang Wasniyati.

Wasniyati menghimbau kepada Siswa Baru, agar mempersiapkan Mental dalam mengikuti kegiatan MPLS. Karena, kegiatan MPLS ini bisa menjadi pengalaman baru yang menegangkan bagi sebagian Siswa Baru. Terlebih, karena seseorang akan memasuki lingkungan baru dengan orang-orang baru di dalamnya.

“Untuk itu, persiapkan dirimu secara Mental dengan membaca tentang pengalaman orang lain, berbicara dengan teman atau keluarga yang telah mengalami hal serupa. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu tentang aktivitas yang akan dilakukan selama MPLS,” tutur Wasniyati.

“Bersikap terbuka dan ramah terhadap teman se-Kelas dan Guru adalah Kunci untuk memulai hubungan yang baik di sekolah baru. Cobalah untuk berinteraksi dengan orang-orang sekitar dan jangan takut untuk bertanya jika ada yang tidak dimengerti,” jelas Wasniyati.

Wasniyati juga menjelaskan terkait pengetahuan tentang keamanan, agar Siswa Baru dapat mengenali aturan dan prosedur keamanan di sekolah. Karena penting untuk mengetahui cara menghadapi situasi darurat dan mengikuti petunjuk dari Staf Sekolah.

Menurut Wasniyati, persiapan Mental dan Fisik yang sehat sangat penting untuk memulai kegiatan MPLS.

“Pastikan kamu dalam kondisi Fisik dan Mental yang baik sebelum memulai kegiatan MPLS, mendapatkan tidur yang cukup, makan makanan bergizi dan menjaga kesehatan tubuh secara umum. Perlu diingat, bahwa MPLS ini sejatinya bermanfaat untuk membantumu beradaptasi di Lingkungan Sekolah,” ujar Wasniyati.

“Cobalah untuk bersantai, bersenang-senang dan menjadikan pengalaman MPLS ini sebagai awal yang positif dalam perjalanan pendidikan di sekolah baru,” pungkasnya. (Om JK).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *