Sumsel: Pemkab OKU Selatan Gelar Studi Banding, Ajak Guru PAUD Tingkatkan Kualitas Lembaga Pendidikan Anak

jejakkasus,co.id, OKU SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan menggelar Studi Banding untuk para Guru PAUD yang dipusatkan di TKN Percontohan, Kabupaten OKU Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (06/02/2023).

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas layanan dan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Wilayah Kabupaten OKU Selatan.

Bunda PAUD OKU Selatan yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Selatan Isyana Lonitasari Popo mengungkapkan, kegiatan ini sangat positif, dimana pada kegiatan ini para Guru berkesempatan untuk berkunjung dan melihat fasilitas yang ada, mulai dari lokal belajar hingga fasilitas lainnya.

“Kunjungan belajar lokal adalah kegiatan tukar kunjung kelompok Guru PAUD untuk mengamati praktik pembelajaran, kemudian hasil pengamatan tersebut dibahas secara bersama-sama serta saling berbagi tentang praktik pembelajaran yang dilaksanakan dilayanan PAUD pada masing-masing Guru tamu. Kegiatan utama dalam kegiatan ini adalah pengamatan dan diskusi untuk meningkatkan kompetensi Guru dan mutu layanan program pendidikan anak usia dini,” ungkap Bunda Isyana.

Bunda Isyana berharap, melalui kegiatan ini program Pendidikan Anak Usia Dini dapat dicontoh, baik dalam pengelolaan Administras pembelajaran maupun Administrasi keuntungan, serta kegiatan lainnya yang mendukung terciptanya pengelolaan Lembaga Satuan PAUD yang bermutu dan lingkungan belajar yang berkualitas.

“Lembaga harus mampu melaksanakan kegiatan Merdeka Belajar yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi yang mencakup Program Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Berbasis Data,” jelas Bunda Isyana.

Mewakili Kepala Dinas, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Selatan Eduarken, S.Pd., M.Si., dalam sambutannya mengungkapkan, keberadaan seorang Guru sangat diperlukan.

Eduarken juga mengajak semua para Guru untuk mendidik para anak-anak yang merupakan bentuk nyata dari eksistensi seorang tenaga pendidik.

“Studi Banding ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelajaran di Satuan Pendidikan PAUD di OKU Selatan, dan harapannya, pendidikan yang kita baktikan ini membawa anak-anak di usia dini yang berkualitas, dan nantinya bisa membanggakan Kabupaten OKU Selatan,” ungkap Eduarken.

Pantauan jejakkasus.co.id, kegiatan dilanjutkan dengan paparan Narasumber oleh Nina Anggraini dan Ervina yang juga dalam kesempatan ini turut dihadiri Wakil Bunda PAUD OKU Selatan, anggota Tim Penggerak PKK OKU Selatan, para Guru PAUD dan tamu undangan lainnya. (Ria/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *