Sumsel: Bupati Popo Ali Canangkan Dimulainya Tahapan Pilkades di Kabupaten OKU Selatan

jejakkasus.co.id, OKU SELATAN – Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Popo Ali Martopo B.Commerce., mengadakan acara Pencanangan dan Sosialisasi Pelaksanaan dimulainya Tahapan Pilkades Serentak di Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023 bertempat di Aula Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (30/01/2023).

Hadir Kejari OKU Selatan, dan diikuti oleh FKPD/ yang mewakili, para Staf Ahli, para Asisten, Kakan Menag, Inspektur, Kadin PMPD, Kadisdik, Kadinkes, Kadisdukcapil, Kadishub, Kadin Kominfo, Kadin SatPol PP, Kaban Kesbangpol, Kepala Bappeda Litbang, Kepala BKPSDM, Kepala BPKAD, para Kabag, para Camat, Kepala KUA Muaradua, para Kapolsek se-Kabupaten OKU Selatan, para Danramil se-Kabupaten OKU Selatan, para Kades dan Ketua BPD yang akan mengikuti Pilkades Serentak Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023.

Dalam Sambutannya, Bupati Popo Ali menyampaikan, bahwa Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) ini adalah pelaksanaan demokrasi rutin, dan ini menjadi ruang bagi masyarakat untuk memilih Kepala Desa- nya di masing-masing desa, diawali dengan pembentukan Panitia oleh para OPD di setiap wilayah, sehingaa dapat menjalankan tugas dengan sikap netral.

“Kami mengharapkan semua pihak, baik Panitia Pilkades, TNI, Polri, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan seluruh lapisan masyarakat di Desa dan Unsur yang terkait dapat bekerja sama, sehingga proses demokrasi terlaksana dengan aman dan nyaman,” ungkap Bupati Popo Ali.

Menurut Bupati Popo Ali, Pilkades merupakan rutinitas 6 tahunan yang seharusnya disikapi secara wajar, namun harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Terpilihnya Kades (Kepala Desa) yang berkualitas dan sesuai harapan masyarakat merupakan tujuan utama yang akan dicapai untuk masa penyelenggaraan Pemerintahan Desa ke depan.

“Para Kades yang sekarang masih menjabat kemungkinan akan ikut kembali. Jadi, saya berharap Kades ini dapat menjadi contoh bagi Calon Kades lain untuk menciptakan kondisi aman dan nyaman tanpa ada konflik atau permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan Pemilihan Kades nantinya,” kata Bupati Popo Ali.

“Saya berharap, proses pemilihan ini berjalan dengan sewajarnya tanpa ada gesekan di antara masyarakat agar tercipta suasana demokrasi yang aman, terkendali tanpa membawa kerusuhan atau kekerasan dalam pelaksanaan proses Pemilihan Kades nantinya. Dan jika ini terjadi, saya berharap semua lapisan masyarakat, TNI, Polri dan Tokoh Masyarakat dapat mengambil peran, sehingga tercipta suasana yang aman, lancar, dan terkendali,” ujar Bupati Popo Ali.

Bupati Popo Ali juga mengungkapkan, bahwa Kades adalah pelayan masyarakat, jadi seorang Kades harus siap dalam setiap urusan masyarakat desa dalam kondisi dan situasi apapun.

Bupati Popo Ali mengimbau, bahwa Kades yang sekarang masih menjabat untuk menyelesaikan segala urusan, tanggungjawab masa jabatanya sebelum masa pemilihan selesai.

“Seperti kita ketahui, untuk gelaran Pilkades OKU Selatan akan dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2023  dengan total 82 Desa dari 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten OKU Selatan. Untuk itu, saya berharap kerja sama semua pihak sangat penting, terutama para Camat, Kapolsek, Danramil,  dan semua yang terlibat dapat membantu proses Pemilihan Kades ini supaya berjalan lancar tanpa ada kerusuhan,” harap Bupati Popo Ali.

“Kami yakin melalui Forum ini, kita semua dapat menjalankan proses Pemilihan Kades ini dengan aman dan sukses,” pungkasnya. (Ria/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *