Jawa Barat: Pemdes Luwung Kencana Melalui Dana Desa Tingkatkan TPT Akses Jalan

jejakkasus.co.id, CIREBON – Pemerintah Desa (Pemdes) Luwung Kencana, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar) sedang giat melaksanakan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di lokasi Jalan Kuburan Blok Kertawinangun Dusun 4 RT 013 RW 007, guna untuk menahan terjangan Air ketika di musim penghujan datang, Selasa (29/11/2022).

Menurut Kuwu H. Mustofa melalui Kasi Ekbang Waluyo Hadi dengan didampingi Bagja selaku Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) mengatakan, nilai manfaat dari bangunan Tembok Penahan Tanah tersebut agar akses jalan menuju area Pemakaman/Kuburan dan Pesawahan Petani terlalui dengan baik.

“Karena mayoritas pencaharian utama perekonomian masyarakat Desa Luwung Kencana 70 persen dari hasil Pertanian,” ungkap Bagja selaku Ketua LPM.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2006 tentang Lembaga Kemasyarakatan dan Lembaga Adat, yakni sebuah Organisasi atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra strategis yang membantu dalam meningkatkan pembangunan dan kemajuan desa.

“Saya selaku Kuwu dengan dibantu oleh Perangkat Desa akan terus bersinergi untuk melaksanakan Program-program Pemerintah yang sudah direncanakan melalui (RKPDes) yang harus direalisasikan dengan dukungan para Tokoh Ulama, Tokoh Masyarakat, RT/RW untuk bersama-sama membangun desa ini yang Bersih, Religius, lebih Maju dan Mandiri,” ucap Mustofa.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Program Dana Desa yang disalurkan Pemerintah Pusat dan telah dilaksanakan kegiatan tersebut dengan baik. Dengan merealisasikan dengan fisik bangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) dengan bahan material yang sesuai dengan spesiflikasi verifikasi teknis dengan panjang satu sisi 290 meter, volume lari 580 meter, lebar 30 cm dengan ketinggian 1 meter.

“Nilai manfaat dari bangunan tersebut agar dapat dirasakan oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat Petani Desa Luwung Kencana”, pungkas Kuwu Mustofa. (Sakur/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *