Nasional: Kasus Covid-19 Diprediksi Akan Terjadi Lonjakan Hingga Januari 2023

jejakkasus.co.id, JAKARTA – Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman memprediksi tren kenaikan Covid-19 masih akan berlangsung beberapa waktu ke depan, oleh karena banyaknya subvarian baru Omicron yang menyebar.

Dicky memprediksi, lonjakan kasus Virus Corona bakal terjadi hingga akhir Januari 2023.

“Sangat mungkin naik hingga Januari 2023, karena juga saat ini gelombang yang terjadi disebabkan lebih dari satu subvarian,” kata Dicky dilansir Kompas.com, Kamis (17/11/2022).

Menurut Dicky, selain subvarian baru Omicron, peningkatan kasus Covid-19 bakal diperparah dengan libur panjang Natal dan Tahun Baru yang sebentar lagi berlangsung.

Dicky menduga, angka kasus yang dicatat oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 saat ini jauh lebih sedikit dari kasus sebenarnya di masyarakat. Bahkan, sangat mungkin kasus harian Covid-19 di Indonesia sebenarnya tembus angka 50.000.

“Penyebabnya tidak hanya subvarian baru Omicron, tetapi juga mobilitas masyarakat yang tinggi dibarengi dengan lemahnya deteksi kasus, penurunan Protokol Kesehatan (Prokes), dan buruknya cakupan Vaksinasi Booster,” ujar Dicky.

“Makin ke sini turunan Omicron ini makin pintar dan bisa menurunkan antibodi, proteksi, entah dari infeksi maupun Vaksinasi,” kata Dicky.

“Ini tren yang mengkhawatirkan sebenarnya, karena akan berpotensi mengurangi efektivitas Vaksin ke depan walaupun saat ini masih cukup efektif walau sudah terjadi penurunan,” tutur Dicky.

Lanjut Dicky, dengan adanya perkembangan ini, menurut Dicky, pemerintah seharusnya lebih tegas menerapkan aturan Protokol Kesehatan di masyarakat dan mempercepat laju Vaksinasi dosis ketiga.

“Strategi WFH (Work From Home, bekerja dari rumah) tetap diperlukan terutama untuk jenis pekerjaan yang bisa remote,” kata peneliti keamanan dan kesehatan global itu.

Dicky mengungkapkan, sebagaimana diketahui, kasus Covid-19 kembali mengalami peningkatan sejak Oktober 2022 imbas subvarian Omicron XBB, XBB.1, dan BQ.1. Setelah beberapa bulan landai, belakangan, kasus harian Covid-19 di Tanah Air kembali melonjak melewati angka 5.000, bahkan 8.000 kasus.

“Data terbaru Satgas Covid-19 yang dirilis pada Kamis (17/11/2022) memperlihatkan, terjadi penambahan 7.822 kasus virus corona dalam sehari. Pada periode yang sama, ada 38 kasus kematian dan dan 5.264 pasien sembuh. Angka ini menyebabkan penambahan 2.520 kasus aktif sehingga kini jumlahnya menjadi 60.471 kasus,” terang Dicky.

Merespons ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat agar selalu menggunakan Masker, baik di dalam ruangan maupun saat berkerumun.

Budi juga mengingatkan warga untuk segera Vaksinasi dosis ketiga atau Vaksinasi Booster. (Sumber: Kompas.com)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *