Jawa Barat: Wali Kota Cirebon : Program PKK Berdampak Positif Bagi Kesejahteraan Masyarakat

jejakkasus.co.id, CIREBON – Wali Kota Cirebon Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., menghadiri acara rechecking 10 Program PKK Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Kantor Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Rabu (12/10/2022).

Program Prioritas Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), yaitu Pembinaan Karakter Keluarga, Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga. Kemudian, Penguatan Ketahanan Keluarga serta Kesehatan Keluarga dan Lingkungan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Cirebon Azis mengatakan, TP PKK memiliki 10 Program yang sangat membantu untuk kesejahteraan masyarakat, yang merupakan salah satu Mitra Kerja Pemerintah dan Organisasi Kemasyarakatan.

“Pada rechecking 10 Program PKK oleh Tim dari Tingkat Provinsi ini, tentu kami memiliki harapan, bahwa ini akan membawa dampak yang positif bagi masyarakat, termasuk bagi TP PKK di Kota Cirebon,” kata Azis.

Azis mengungkapkan, salah satu kunci kesejahteraan masyarakat adalah kuatnya kemampuan TP PKK dalam menjalankan 10 Program tersebut. Mulai dari TP PKK Tingkat Kelurahan hingga Tingkat Kota Cirebon.

“Jadi, kalau TP PKK-nya berprestasi tinggi, maka saya yakin, akan memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat Kota Cirebon. Karena, TP PKK memiliki fungsi Fasilitator, Perencana, Pelaksana, Pengendali dan Penggerak pada masing-masing jenjang,” ungkap Azis.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Pokja III Tim Monitoring dan Evaluasi 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Barat Hj. Dra. Sri Yosi menjelaskan, rechecking 10 Program PKK ini merupakan realisasi dari Program Kerja TP PKK Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.

“Ini sebagai salah satu bagian dari aspek pembinaan dengan prinsip terarah dan berkesinambungan. Bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM TP PKK di dalam mengelola dan melaksanakan program, terutama Program Prioritas PKK,” tutur Azis..

Yosri menjelaskan, berdasarkan data laporan pelaksanaan kegiatan, laporan Peserta Lomba dari 27 Kabupaten/Kota yang diterima TP PKK Provinsi Jabar menunjukkan peningkatan kualitas, baik tata kelola kelembagaan maupun pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

“Hal itu, karena ada pembinaan yang memotivasi untuk mencapai tujuan yang direncanakan. Kemudian, mempunyai inisiatif untuk menyelesaikan atau memulai kegiatan, serta berusaha untuk mengembangkan ide-ide baru yang inovatif dan kreatif,” kata Yosri.

Lanjut Yosri, berkenaan dengan Lomba ini, akan menjadi ajang bersilaturahmi dan mempererat kebersamaan serta komunikasi antar anggota PKK.

Sehingga, kerja sama dengan Perangkat Daerah, Instansi dan Lembaga Kemasyarakatan terkait semakin terjalin dengan baik.

“Selanjutnya, ini juga momentum mempromosikan hasil kreativitas, menggali dan mengolah serta memanfaatkan sumber daya lokal menjadi suatu produk bernilai tinggi. Tentu, itu berdampak pada peningkatan capaian program-program prioritas,” pungkasnya. (Om JK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *