Jawa Barat: Wakil Wali Kota Cirebon : Tradisi Nadran, Bentuk Rasa Syukur Masyarakat Nelayan

jejakkasus.co.id, CIREBON – Wakil Wali Kota Cirebon Dra. Hj. Eti Herawati menghadiri pelaksanaan Nadran atau Sedekah Laut masyarakat Nelayan di Kampung Samadikun, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (15/10/2022).

Pada Tradisi ini, masyarakat bekerja sama saling bergotong royong untuk mengarak Perahu berisi Sesaji dari RW 10 Kampung Samadikun hingga ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kampung Baru RW 01 Kesenden, Kota Cirebon.

Eti mengatakan, Nadran sering pula disebut Tradisi Sedekah Laut, dan di Kota Cirebon ada tiga wilayah yang melaksanakan Tradisi tersebut.

“Ini adalah bentuk rasa syukur para Nelayan kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki dan nikmat melalui Laut, karena telah memberikan kontribusi yang besar untuk kelangsungan hidup Nelayan,” ujar Eti.

Eti menyatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon sangat sadar atas potensi yang besar dari Laut, baik hasil tangkapan Ikan maupun potensi Pariwisata.

“Hasil Laut kita, di antaranya cumi, Udang, Kerang dan lainnya. Semoga potensi yang ada di Laut bisa dioptimalkan lagi untuk kesejahteraan Nelayan,” ujar Eti.

Eti juga menegaskan, bahwa Pemda Kota Cirebon akan terus mendukung masyarakat Nelayan di Kelurahan Kesenden melalui program yang ada di Perangkat Daerah.

Pantauan jejakkasus.co.id, Arak-arakan Nadran ini menyusuri Jalan Samadikun, Jalan M. Toha, Jalan Siliwangi, Jalan Diponegoro lalu masuk ke Kampung Baru sampai ke Dermaga TPI RW 01 Kesenden, Kota Cirebon.

Pelaksanaan Tradisi Nadran atau Sedekah Laut berlangsung sangat meriah, sepanjang perjalanan, Arak-arakan Perahu itu diiringi Drumband, Barongsai, Burok, dan Sisingaan, dan sesampainya di TPI, Sesaji dibawa ke Tengah Laut untuk kemudian dilarung. (Om JK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *