Jawa Barat: Eti : Kota Cirebon Layak Dijadikan Tempat untuk Kejuaraan Tingkat Nasional

jejakkasus.co.id, CIREBON – Wakil Wali Kota Cirebon Dra. Hj. Eti Herawati membuka pelaksanaan Kejuaraan Nasional Renang West Java Swimming Championship Series I dan Wijaya Open 2022 yang berlangsung di Kolam Renang Catherine Surya, Komplek Stadion Madya Bima, Kota Cirebon, Jawa Barat (Jabar).

Eti mengaku bangga Kota Cirebon menjadi Tuan Rumah dalam Kejuaraan Lomba Tingkat Jawa Barat dan membuktikan, bahwa Kota Cirebon layak dijadikan tempat untuk Kejuaraan Tingkat Nasional.

Alhamdulillah, kami bangga dan sebuah kebanggan bagi Kota Cirebon menjadi Tuan Rumah dalam pelaksanaan Kejuaraan Nasional Renang West Java Swimming Championship Series I dan Wijaya Open 2022. Semoga bisa mengadakan kejuaraan yang lain,” ucap Eti usai membuka kegiatan di Komplek Stadion Madya Bima, Kota Cirebon, Jumat (15/7/2022).

Eti mengungkapkan, sebelumnya, pada era tahun 2000-an Perenang asal Kota Cirebon Chaterin Surya, selalu mendominasi Kejuaraan Renang, baik Tingkat Nasional maupun Internasional, harusnya menjadi tonggak kebangkitan prestasi Olahraga Renang di Kota Cirebon. Namun, sejak itu sedikit atau bahkan tidak ada lagi Atlet Renang Kota Cirebon yang bisa meneruskan kegemilangan prestasi Chaterin Surya tersebut.

“Semoga, dari Kejuaraan seperti ini akan muncul banyak Talenta Muda Atlet Potensial.  Sehingga, terlahir Atlet Renang Muda, seperti Catherine Surya. Terus berlatih, dan raih prestasi maksimal. Ini merupakan tonggak bagi para Atlet Muda agar mempunyai motivasi yang tinggi untuk terus berlatih guna meraih prestasi maksimal,” tutur Eti.

Eti berpesan kepada para Atlet untuk menjunjung tinggi sportivitas saat bertanding. Terlebih, setiap Atlet membawa nama baik orang tua, Klub Renang dan daerahnya.

“Semoga, dapat mencetak Bibit Atlet Renang. Dan ingat, junjung tinggi sportivitas,” kata Eti.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cirebon Sutikno mengungkapkan, West Java Swimming Championship merupakan Even Kejuaraan Renang Tingkat Jawa Barat. Sementara, Wijaya Open merupakan kegiatan yang digagas Wijaya Swimming Club.

“Kami jadikan satu, untuk melihat sejauh mana kemampuan Atlet Renang asal Kota Cirebon,” kata Sutikno.

Setelah seluruh kelas selesai dipertandingkan, Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jawa Barat akan melakukan evaluasi. Dengan harapan, Atlet berprestasi asal Jawa Barat ikut dalam even, seperti Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pekan Olahraga Nasional (PON).

“PRSI akan seleksi Atlet Renang berprestasi dari Jawa Barat yang layak dilibatkan dalam Even Nasional,” ujar Sutikno.

Sebagai informasi, Gelaran West Java Swimming Championship Series I dan Wijaya Open 2022 berlangsung di Kolam Renang Catherine Surya, Komplek Stadion Madya Bima, Kota Cirebon kali ini, diikuti ratusan Atlet Renang dari berbagai daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Bali.

Sebanyak 475 Atlet dari 72 Klub Renang, terdiri dari kelas 1500 meter Freestyle, 800 meter Freestyle, 400 meter Individual Medley, 200 meter Breaststroke, 100 meter Butterfly, 50 meter Freestyle, 50 meter Backstroke 4×100 meter Medley Relay.

Kelompok umur yang dipertandingkan, yakni KU Grup V (9 tahun ke bawah), KU Grup IV (10-12 tahun), KU Grup III (12-13 tahun), KU Grup II (14-15 tahun) dan KU Grup Senior (16 tahun ke atas). (Om JK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *