Jawa Barat: Kabupaten Majalengka Ditunjuk Kemenkominfo RI Wujudkan Smart City di Indonesia

jejakkasus.co.id, MAJALENGKA – Kabupaten Majalengka dipilih oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik IndonesiaI (Kemenkominfo RI) menjadi salah satu dari 50 Kabupaten/Kota yang ada di Tanah Air untuk mewujudkan Smart City di Indonesia.

Terpilihnya Kabupaten Majalengka menjadi salah satu untuk mewujudkan Smart City di Indonesia, maka Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Majalengka menandatangani penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) antara Bupati Majalengka DR. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., dengan Kementerian Kominfo RI Johnny G Plate yang dilakukan secara virtual di Gedung Yudha Karya Pemda Majalengka, Jawa Barat (Jabar).

“Penunjukan Kabupaten Majalengka, karena beberapa dasar atau penerapan dari Smart City sudah ada, sehingga tinggal di pertajam,” ujar Bupati Karna, Jumat (03/06/2022).

Untuk itu, Pemkab Majalengka akan melakukan pembangunan dan pengembangan Area Smart City di wilayah Kabupaten Majalengka yang diharapkan dengan adanya program ini akan lebih meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih kompetitif.

Menurut Karna, manfaat pendayagunakan data dan teknologi digital dalam implementasi Smart City juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam Birokrasi Pemerintah.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Majalengka Gatot Sulaeman menambahkan, bahwa peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin berkembang dapat membantu dan memudahkan kegiatan yang ada di pemerintah.

Gatot mengatakan, penggunaan TIK saat ini dapat memudahkan terwujudnya pemerintah yang profesional dan akuntabel, sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi mudah, efektif, efisien, dan tepat sasaran.

“Komitmen daerah akan dinilai setelah adanya MoU ini, tentunya nanti akan ada pendampingan khusus dari Kemenkominfo RI untuk Kabupaten Majalengka menuju Smart City,” pungkas Gatot. (Endi/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *