Jawa Barat: Ketua PKBM Miftahul Huda Akhmad Ja’far : Runtuhnya Pendidikan, Runtuhlah Peradaban

jejakkasus.co.id, MAJALENGKA – Kabupaten Majalengka salah satu daerah yang tidak steril terhadap perkembangan ini, teknologi dan ilmu pengetahuan menjadi bentuk nyata sekaligus juga merupakan salah satu media dalam perkembangan kebudayaan global.

Terkait hal itu, Ketua PKBM Miftahul Huda Akhmad Ja’far. S.Ag., M.pd.i., mengatakan, perlunya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas agar mampu bersinergi dan berdaya saing dalam percaturan kehidupan global.

“Sehingga, dapat menjadi subyek pembangunan yang handal demi kelangsungan dan keberhasilan pembangunan di segala bidang,” jelas Akhmad kepada jejakkasus.co.id, Jumat (8/4/2022).

Lanjut Akhmad, Kabupaten Majalengka memiliki potensi sebagai Kabupaten Literasi dan Budaya. Pada dasarnya, telah memiliki bekal pembangunan yang cukup kuat, sebab sebagaimana ilmu pengetahuan, menjadi salah satu media perkembangan global.

“Menurut beberapa pendapat, mengibaratkan Pendidikan tanpa Kebudayaan seperti Perahu-Perahu di Lautan tanpa panduan arah,” kata Akhmad.

Akhmad menjelaskan, ketika Kebudayaan Global telah berkembang begitu pesat dengan berbagai dampaknya, banyak pihak baru menyadari, bahwa Pendidikan Budaya itu sangat penting.

“Dampak paling nyata dan mendasar, adalah merosotnya moral peserta didik, ketidakserasian kemajuan intelektual dengan perkembangan moral dan karakter, menjadi kondusif yang tidak terelakan,” kata Akhmad.

Akhmad mengungkapkan, berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang sudah terlanjur bergulir, untuk membangun peradaban, perlu dibangun pendidikan.

“Maka, ketika runtuhnya pendidikan, runtuhlah suatu peradaban, dan oleh sebab itu, pendidikan menempati posisi yang begitu mendasar dalam suatu kehidupan,” pungkasnya. (End/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *