Sumbar: Petani dan Pengepul Keluhkan Penyakit Getah Kuning Pada Buah Manggis

jejakkasus.co.id, SAWAHLUNTO – Petani dan Pengepul mengeluhkan penyakit Getah Kuning pada Buah Manggis, karena Buah Manggis yang sudah terkena Getah Kuning memiliki nilai yang rendah dipasaran, dan hanya dapat dijual di Pasar Tradisional, apabila dijual pun tetap akan merugi.

Begitupun dengan nilai ekspor Buah Manggis yang tinggi memiliki persentase rendah, apabila dibandingkan produksi Buah Manggis secara Nasional.

Hal itu berdasarkan data BPS 2020, menunjukkan produksi Manggis pada nilai 322.414 ton. Sedangkan, nilai ekspor Manggis pada tahun 2020 memiliki volume 48.171 ton dengan nilai Rp 1,18 triliun.

Persentase ekspor Buah Manggis hanya sekitar 14 % dari total produksi Nasional. Hal ini dapat terjadi, karena Pasar Ekspor memiliki kriteria tertentu untuk Buah Manggis, yaitu bebas OPT/OPTK dan tidak adanya Getah Kuning.

Getah Kuning adalah Cairan Getah yang dihasilkan oleh setiap Organ Tanaman Manggis, kecuali pada bagian Akar.

Kemunculan Getah Kuning ini menjadi cemaran pada Buah Manggis yang merugikan. Cemaran Getah Kuning terjadi pada Buah Manggis, karena Getah ini keluar dari salurannya yang pecah dan mengotori aril (daging buah) atau Kulit Buah Manggis.

Getah Kuning pada Manggis – Balitbu Tropika

Pecahnya saluran Getah terjadi, karena sel-sel epitel penyusun saluran Getah Kuning mendapat tekanan. Tekanan yang dimaksud adalah peningkatan Getah Kuning akibat menyerap Air yang berlebih, serta Daging Buah dan Biji tumbuh lebih cepat daripada Kulit Buah.

Selain itu, pecahnya saluran Getah dapat terjadi, karena gangguan mekanis, seperti benturan, tusukan atau gigitan Serangga, akibat penanganan Panen dan paska Panen yang kurang baik sejak pemetikan, pengemasan, pengangkutan sampai ke konsumen.

Getah Kuning yang muncul di dalam Buah cenderung diakibatkan faktor fisiologis, sedangkan Getah Kuning yang muncul di luar buah diakibatkan oleh faktor fisiologis dan gangguan mekanis. Faktor unsur hara juga mempengaruhi pecahnya saluran Getah Kuning.

Tekanan yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak akan menyebabkan pecahnya saluran Getah Kuning apabila dinding sel lemah. Dinding sel lemah diakibatkan Tanaman Manggis kekurangan unsur kalsium (Ca).

Getah Kuning pada Kulit dan Daging Buah Manggis

Dampak dari adanya Getah Kuning sangat terasa, bahkan membuat nilai Buah Manggis turun, dan menjadikan Buah Manggis tidak layak ekspor.

Getah Kuning yang terjadi didalam buah lebih serius daripada Getah Kuning yang terjadi di luar buah. Hal ini, karena Getah Kuning yang terjadi di dalam Buah Manggis menyebabkan perubahan rasa Buah Manggis menjadi pahit dan menjadi tidak layak dikonsumsi.

Sedangkan, Getah Kuning yang terjadi diluar buah akan mengeras seiring dengan bertambahnya umur simpan Buah Manggis yang telah dipanen. hal tersebut akan membuat tampilan Buah Manggis terlihat buruk dan tidak menarik.

Menurut Jhoni Iskandar yang merupakan Pengepul Buah Manggis di Padang menyatakan, bahwa Buah Manggis yang sudah terkena Getah Kuning memiliki nilai yang rendah dipasaran.

Buah Manggis yang sudah terkena Getah Kuning ini hanya dapat dijual di Pasar Tradisional, dan apabila dijual pun tetap akan merugi.

Jhoni juga menyatakan, bahwa keberadaan Getah Kuning ini tidak dapat ditebak, kadang daerah A tahun ini terkena Getah Kuning, tetapi tahun berikutnya tidak terkena.

Hal yang lain yang menyebabkan Getah Kuning dalam buah lebih serius daripada Getah Kuning luar buah, adalah sulit dideteksi.

Keberadaan Getah Kuning dalam buah sulit dideteksi, karena tidak semua orang tahu cara melihat tanda yang nampak diluar buah.

Jhoni mengatakan, bahwa ada cara untuk mendeteksi Getah Kuning yang didalam buah, yaitu melihat bagian bawah Buah Manggis, apabila bagian bawah Manggis bewarna hitam, maka dapat diduga, bahwa terdapat Getah Kuning di dalam Buah Manggis.

Getah Kuning luar buah tidak dapat digunakan sebagai acuan ada tidaknya Getah Kuning didalam buah. Karena, kadang Getah Kuning luar dan dalam buah muncul serta kadang salah satu tidak muncul.

Beberapa metode pencegahan terjadinya Getah Kuning pada Manggis telah digunakan. Metode-metode pencegahan ini dilakukan sesuai dengan penyebab terjadinya Getah Kuning pada Manggis.

Keberadaan Getah Kuning akan semakin meningkat, apabila kondisi tumbuh tanaman Manggis memiliki kondisi Air yang ekstrim dan tidak stabil. (ADV)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *