Jawa Barat: Tokoh Inspirator Eksekutif Wanita, Bunda Ayu Raih PWI Cirebon Award 2022

jejakkasus.co.id, CIREBON – Owner Jasa Prima Group Hj. Ratu Ayu Suhartini, S.E., M.M., (Bunda Ayu sapaan akrabnya-red) dianugerahi sebagai Tokoh Inspirator Eksekutif Wanita, mendapat Piagam Penghargaan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Cirebon Award 2022.

Penganugerahan dan pemberian Piagam Penghargaan bersamaan dengan pelantikan Ketua PWI Cirebon Muhammad Alif Santosa, S.H., dan jajaran Pengurus PWI Cirebon periode 2021-2024 oleh Ketua PWI Jabar H. Hilman Hidayat dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022, bertempat di salah satu Hotel di Kota Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Rabu (16/03/2022).

Bunda Ayu mengucapkan terima kasih dan berharap, dengan dilantiknya Pengurus PWI Cirebon yang baru dapat melaksanakan tugas dengan baik dan amanah.

“Saya mengucapkan terima kasih atas penganugerahan dan pemberian Piagam Penghargaan PWI Cirebon Award 2022 ini. Selamat dan sukses kepada Ketua PWI Cirebon yang telah dilantik, semoga lebih sukses, amanah dan ke depannya bisa membawa wartawan menjadi pewarta yang profesional,” ucap Bunda Ayu.

Ketua PWI Cirebon terpilih Muhammad Alif Santosa, S.H., didampingi Sekretaris Mastari kepada jejakkasus.co.id menjelaskan, penganugerahan PWI Cirebon Award sebagai bentuk apresiasi dan motivasi kepada para Tokoh Cirebon yang telah berkontribusi secara nyata membangun daerah sesuai dengan kapasitasnya.

Menurut Alif, pembangunan yang dimaksud mencakup Sektor Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, Infrastruktur, Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia, dan sebagainya.

Sebanyak 19 Tokoh Kota dan Kabupaten Cirebon menerima penganugerahan PWI Cirebon Award 2022 ini.

“Kami menetapkan lima kriteria untuk para Tokoh yang menerima penghargaan dari PWI Cirebon. Lima kriteria itu, yakni berkontribusi secara nyata membangun Cirebon, tidak sedang terlibat masalah hukum, membantu kerja wartawan, mendukung pertumbuhan media massa dan figur yang informatif dan komunikatif,” tutur Alif.

Alif mengungkapkan, dalam penganugerahan PWI Cirebon Award 2022, PWI menggandeng para wartawan senior, pengelola surat kabar dan jajaran Pemimpin Redaksi dari berbagai media massa dengan berbagai platform yang ada di Cirebon.

“PWI adalah representasi dari eksistensi dan aspirasi wartawan. PWI adalah panggung teman-teman wartawan berekspresi. Karenanya, semangat kami adalah semangat solidaritas, semangat profesionalitas, peduli dan berkontribusi membangun daerah dengan semangat kolaborasi,” tutur Alif.

Dalam HPN 2022 ini, PWI Cirebon mengusung tema “Kemanusiaan Melampaui Berita”.

Alif memaparkan, tiga kata itu bagi PWI Cirebon adalah intisari dari jurnalisme kemanusiaan. Jurnalisme yang dibangun dengan rasa kemanusiaan. Memposisikan nilai-nilai etik manusia pada level tertinggi.

“Jurnalisme kemanusiaan membangun rasa optimisme, memberi kabar baik, harapan, kebahagiaan, kepedulian terhadap sesama, dan nilai-nilai positif lainnya. Jurnalisme kemanusiaan mengajak manusia bersikap bijak menghadapi berbagai persoalan,” tutur Alif.

Arif menjelaskan, dalam jurnalisme kemanusiaan, wartawan tak hanya menghimpun informasi lengkap mengenai peristiwa kekinian, juga membawa visi kemanusiaan.

Lanjut Alif, wartawan sadar betul setiap berita memiliki dampak. Karenanya, berita yang disajikan harus mengandung nilai manfaat bagi pembacanya.

“Jurnalisme kemanusiaan tidak menakuti-nakuti. Tidak membuat pembacanya menjadi resah. Tidak mempertontonkan kesadisan, kekerasan dan memecah belah. Jurnalisme kemanusiaan tidak membangkitkan sentimen SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan),” tutur Alif.

Lebih lanjut Alif menjelaskan, produk jurnalistik bisa mempengaruhi pola pikir manusia. Bisa membuat seseorang menjadi emosi, senang, sedih dan berbagai macam perasaan lain.

Karena itu, produk jurnalistik memiliki pengaruh besar dalam berbagai aspek kehidupan. Apalagi, semua informasi di era tranformasi digital, kini mudah diakses dengan cepat dan mudah oleh masyarakat.

“Karenanya, wartawan harus hadir sebagai pendekar informasi dengan pola jurnalisme kemanusiaan. Ia hadir menertibkan kekacauan informasi demi membangun nilai-nilai kemanusiaan,” tegasnya.

Pelantikan dan penganugerahan serta pemberian Piagam Penghargaan PWI Cirebon Award 2022 dihadiri dua Kepala Daerah, yakni Wali Kota Cirebon Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., dan Bupati Cirebon Drs. H. Imron Rosyadi, M.Ag., Wakil Wali Kota Cirebon Dra. Hj. Eti Herawati, Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Fitria Pamungkaswati, Kapolres Cirebon Kota AKBP M. Fahri Siregar, S.H, S.I.K., M.H., Kapolresta Cirebon Kombes Pol. Arif Budiman, S.H., mewakili Dandim 0614/ Kota Cirebon, mewakili Keraton Kanoman Cirebon, jajaran Unsur Forkopimda dari Kota dan Kabupaten Cirebon, Ketua PWI Jabar H. Hilman Hidayat dan para pemimpin redaksi media, para wartawan serta undangan lainnya. (Om JK/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *