Sumsel: Kades Penandingan Sambut Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lahat

jejakkasus.co.id, LAHAT– Kepala Desa (Kades) Penandingan Leo Andika, S.E., menyambut langsung kedatangan Tim Penilai Lomba Desa dari Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (10/03/2022).

Kades Leo Andika menyambut Tim Penilai Lomba Desa bertempat di Desa Penandingan, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi.

Kunjungan Kerja (Kunker) Tim Lomba Desa dalam rangka Penilaian Lomba Desa Kabupaten tahun 2022 yang diikuti 24 Desa di Kabupaten Lahat.

Kades Penandingan Leo Andika pada kesempatannya mengatakan, Desa Penandingan mewakili Kecamatan Tanjung Sakti Pumi dalam Penilaian Lomba Desa di Tingkat Kabupaten Lahat.

Alhamdulillah, saya merasa bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh Perangkat Desa, diantaranya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) hingga TP PKK Desa, serta Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat yang selalu bersinergi, kompak mendukung sepenuhnya Desa Penandingan di Lomba Desa Kabupaten Lahat,” ungkapnya, Kamis (10/3/2022).

Leo Andika ingin membawa Desa Penandingan merebut Juara Pertama Lomba Desa. Dengan begitu, bisa membawa nama harum Kecamatan, bahkan Kabupaten.

“Segala usaha dan upaya kami lakukan untuk memenangkan lomba ini, termasuk kelengkapan dokumen administrasi pendukung lainnya,” kata Leo Andika.

Sementara itu, dikesempatannya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lahat Darul Effendi, S.E., M.Si., mengemukakan, Lomba Desa ini sudah diatur dan tertuang didalam Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) No. 81/2015 tentang evaluasi dan perkembangan kelurahan dan desa.

“Tiga indikator utama sebagai bahan penilaian, yakni pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan,” ungkapnya.

Lanjutnya, tentunya Kepala Desa beserta Perangkat Desanya harus dapat mengelola, menjalankan Pemerintahan Desa mengutamakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga masyarakatnya, termasuk juga dalam dunia pendidikan dan kesehatan.

“Penilaian juga mencakup tata wilayah, batas dengan desa tetangga sekaligus peran serta TP PKK Desa, mengerakkan 10 program yang ada, tak luput dari penilaian,” pungkas Darul Effendi. (Alamsyah Jk Biro Lahat)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *