Jawa Barat: Siswi SMAN I Cirebon Raih Juara 2 Duta Pajak

jejakkasus.co.id, CIREBON – Prestasi membanggakan ditorehkan siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cirebon dengan meraih juara dua Lomba Duta Pajak Provinsi Jawa Barat yang digelar Bapenda Jawa Barat.

Penyerahan hadiah dilakukan bertempat di SMAN 1 Cirebon Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 81, Sukapura, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Selasa (08/03/2022).

Kepala Kantor Samsat Cirebon Yosep Muhammad Juanda mengatakan, penghargaan Duta Pajak Provinsi Jawa Barat diserahkan kepada Marlina Sabila Rizkiyah yang berhasil menjadi juara dua Duta Pajak Pelajar Tahun 2022.

Yosep mengatakan, Lomba Duta Pajak pelajar ini merupakan rangkaian dari Pameran CCF (Colaboratif and Colective Forum) yang biasa dilakukan setiap tahun.

“Ini menjadi kebanggaan, karena SMAN 1 Cirebon bisa meraih juara dua pada Level Provinsi. Apalagi, diikuti hampir seratus pelajar,” ujar Yosep.

Lanjut Yosep, dengan menjadi Duta Pajak ini, diharapkan bisa melakukan sosialisasi ke pelajar lain tentang perlunya sadar pajak. Bagaimana mudahnya dengan difasilitas Bapenda Jabar dalam membayar pajak, bahkan sangat mudah dan sangat cepat.

“Ini tidak lepas dari kolaborasi kami dengan Dinas Pendidikan tentang kesadaran membayar pajak kendaraan bermotor. Anak-anak atau pelajar yang bawa motor disarankan pajaknya dibayar untuk keabsahan dan bentuk kepedulian Kota Cirebon yang kita cintai,” terang Yosep.

Yosep menjelaskan, pelayanan publik, tidak jalan kalau pembiayaan tidak jalan. Salah satunya dengan pajak kendaraan sepeda motor, dan ini merupakan kesempatan luar biasa, menginisiasi pajak masuk sekolah, sekaligus memberikan edukasi bagaimana pentingnya membayar pajak kendaraan bermotor.

“Edukasi pajak sejak awal untuk pelajar, sangat penting,” jelas Yosep.

Sementara, Malina Sabila Rizkiyah mengucapkan terima kasih kepada Samsat Cirebon dan Kepala Cabang Dinas X Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang memberikan support. Termasuk Kepala SMAN 1 Cirebon Naning P, M.Pd., yang mendukung dirinya untuk mengikuti Lomba Duta Pajak Jawa Barat.

Malina mengatakan, mengikuti lomba tersebut, cobaannya luar biasa. Waktu berangkat pagi jam 07.00 dan sampai ke lokasi BIJB wajib swab test.

“Begitu di-swab, peserta dari Cirebon ada yang positif dan harus pulang, bahkan dirinya melakukan persiapan satu hari sebelum interview dengan istilah lainnya sistem kebut semalam,” kata Malina.

“Apalagi, selama lomba dirinya menghadapi enam juri. Mulai menanyakan tentang pribadi, Duta Pajak seperti apa, dan tentang perpajakan,” tutur Malina.

Pada kesempatannya, Kepala KCD Wilayah X Disdik Jabar Esther Mory D mengapresiasi Bapenda Jabar. Karena, Duta Pajak Pelajar ternyata bisa melahirkan duta-duta terbaik.

“Ini kebanggaan bagi pihaknya, karena duta pajak memberikan nilai edukasi sebagaimana penguatan pendidikan karakter,” kata Esther.

“Juara dua yang diraih siswi ini menjadi suatu kebanggaan. Karena bisa terpilih menjadi Duta Pajak,” pungkas Ester.        (Arif / Yudi Tim JK Ciko)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *