Sumsel: UMKM SMAN 1 Jayapura Desain Kemasan Moderen Keripik Singkong dan Pisang

jejakkasus.co.id, OKU TTIMUR – UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Jayapura Kabupaten OKU Timur tingkatkan produk unggulan di tahun 2021-2022 melalui inovasi pengemasan dan perluasan pemasaran Keripik Pisang dan Keripik Singkong.

Hal ini dilakukan siswa-siswi OSIS SMAN 1 Jayapura sebagai upaya untuk meningkatkan mutu dan nilai jual produk tersebut guna meningkatkan pendapatan sekolah.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Jayapura Joko Purwadi, S.Pd., menyampaikan, siswa-siswi OSIS telah melakukan survei terkait permasalahan dan kendala para penggiat UMKM.

“Keripik Pisang dan Singkong adalah produk UMKM unggulan di SMA Negeri 1 Jayapura, potensi Pisang dan Singkong di Desa Jayapura sangat mudah didapatkan. Pengemasan kedua produk tersebut dengan kemasan yang lebih modern. Desain kemasan berisi informasi-informasi penting terkait produk yang meliputi merk dagang, gambar produk, varian rasa,” kata Joko Purwadi, Rabu (02/03/2022).

“Upaya tersebut dilakukan agar produk-produk yang mereka hasilkan memiliki jaminan keamanan produk untuk diedarkan dengan jangkauan Pasar yang lebih luas, seperti Supermarket atau Toko-toko Swalayan yang lebih besar,” ungkapnya.

Sementara, Ketua OSIS SMAN 1 Jayapura mengatakan, kendala terbesarnya selama ini adalah kurang luasnya pemasaran dan kemasan produk yang masih sangat sederhana.

“Stok Pisang di Desa Jayapura sangat banyak. Sayang kalau dijual ke Pasar tanpa diolah terlebih dahulu. Untuk Keripik Singkong, kami memproduksinya berdasarkan keinginan pelanggan,” ujarnya.

“Saya dan teman-teman lainnya membuat beberapa varian rasa, seperti varian rasa Original dan Balado untuk Keripik Singkong dan varian Original untuk Keripik Pisang,” pungkasnya. (Yoga JK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *