Jawa Barat: Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Jalan Perbatasan Jabar-Jateng

jejakkasus.co.id, CIREBON – Gubernur Ridwan Kamil meresmikan jalan penghubung antara Provinsi Jawa Barar (Jabar)-Jawa Tengah (Jateng), tepatnya di Desa Ciledug Lor Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Jumat (4/2/2022).

Ridwan Kamil mengungkapkan, ada 12 ruas jalan yang berbatasan dengan Provinsi tetangga. Salah satunya jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon dengan Desa Bantarsari, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes.

“Saya meresmikan program perbaikan penataan infrastruktur jalan di perbatasan Jabar-Jateng. Jalan ini satu dari 12 ruas jalan yang menjadi batas tanggungjawab kami,” ungkap Kang Emil.

Ruas jalan sepanjang 1,2 km tersebut sangat strategis bagi pengembangan perekonomian dan aksesibilitas kedua wilayah.

Sebelum dilakukan penataan, ruas jalan yang diberi nama Jalan Kapten Piere Tendean tersebut hanya memiliki lebar enam meter. Sehingga, arus barang kedua wilayah pun sering terhambat.

Setelah dilakukan penataan, lebar jalan tersebut menjadi 10 meter sampai 12 meter, juga dilengkapi dengan pedestrian yang nyaman dan Penerangan Jalan Umum (PJU).

Untuk diketahui, penataan Jalan Kapten Piere Tendean yang melintasi Sungai Cisanggarung itu menelan biaya Rp 9,7 miliar yang berasal dari APBD Provinsi Jabar.

Kang Emil meyakini, penataan ruas jalan tersebut akan meningkatkan perekonomian bagi dua wilayah dan juga akan menguatkan rasa persatuan.

“Saya yakin, ekonomi di perbatasan akan meningkat dan menguatkan rasa persatuan dua Provinsi yang saling mendukung ini,” kata Kang Emil.

Secara keseluruhan, Jabar memiliki 297 ruas jalan dengan panjang total 2.360 km. Terdapat pula 1.295 Unit Jembatan yang merupakan kewenangan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar.

“Tentunya, harus kita pelihara dan tingkatkan, karena membutuhkan biaya yang tidak kecil,” ujar Kang Emil.

Selain meresmikan penataan jalan, Kang Emil juga memberikan kabar gembira kepada masyarakat Kabupaten Cirebon, bahwa Pemda Provinsi Jabar akan menggelontorkan dana Rp 60 miliar untuk membangun Terminal Ciledug.

Selain itu, kemudian Kampus ITB Cirebon juga sedang disipakan untuk mendukung Kawasan Rebana.

“Pengerukan Sungai Cisanggarung juga sedang diupayakan agar dapat mengendalikan banjir, walaupun itu kewenangan ada di BBWS, tapi akan kita rekomendasikan,” jelas Kang Emil.

Sementara itu, Wakil Bupati Brebes Narjo menyampaikan terima kasih telah diresmikannya jalan penghubung Jabar-Jateng menjadi lebih baik.

“Terima kasih atas diresmikannya jalan penghubung Jabar-Jateng ini,” ucap Narjo.

Narjo berharap, penataan jalan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Brebes dan Cirebon.

“Semoga menambah semangat dan kesejahteraan masyarakat kami yang menggunakan angkut barang, seperti hasil Tanaman Bawang Merah yang menuju ke Cirebon, Kuningan dan sekitarnya,” tutur Narjo.

Ruas jalan tersebut, sering digunakan oleh warga Brebes untuk mengangkut hasil Tanaman Bawang Merah menuju Cirebon, Kuningan dan wilayah Jabar lainnya. (Hasan/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *