Sumsel: Peda KTNA XIV Resmi Dibuka, Pj. Bupati Raih Lencana Adhi Bhakti

jejakakasus.co.id, MUARA ENIM – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru resmikan pembukaan Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XIV Provinsi Sumatera Selatan tahun 2021, Senin (15/11/2021).

Pelaksanaan yang sempat beberapa kali mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19 ini. Akhirnya Senin kemarin, Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XIV Provinsi Sumatera tahun 2021 yang berlangsung di Kecamatan Semende Darat Laut, Semende Darat Tengah dan Semende Darat Ulu resmi dibuka oleh Gubenur Sumatera Selatan.

Pembukaan Peda KTNA yang berlangsung di lapangan Dusun Batu Tiking, Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semende Darat Laut tersebut dihadiri Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., selaku tuan rumah. Ia mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu, terutama para peserta kelompok Tani dan Nelayan se-Provinsi Sumatera selatan.

Selain itu pada pembukaan Peda KTNA XIV Sumsel 2021, Pj. Bupati Muara Enim menerima penghargaan Lencana Adhi Bhakti Tani Nelayan Pratama dari Ketua KTNA Nasional, Ir. M. Yadi Sofyan Noor, S.H., yang disematkan oleh Gubernur Sumatera selatan.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan bahwa penghargaan diberikan karena KTNA Nasional.

“Menilai Pj. Bupati selaku kepala daerah mampu mengayomi maupun membina petani dan nelayan lokal. Sehingga mampu memotivasi semangat dan kemandirian dalam meningkatkan pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan serta kegiatan agribisnis. Juga dapat dijadikan teladan bagi setiap warga negara Indonesia lainnya,” jelas Gubernur Sumsel.

Pada kesempatannya, Pj. Bupati Muara Enim juga mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang telah diterimanya,  dan menjadi motivasi untuk berbuat yang lebih baik lagi dalam peningkatan produksi dan kualitas pertanian maupun perikanan. Khususnya menciptakan kesejahteraan petani dan nelayan. Rasa syukur dan bahagia kian bertambah karena terselenggaranya Peda KTNA di Kabupaten Muara Enim, khususnya di kawasan Semende.

Menurut Pj. Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar, “Semende dipilih karena merupakan kawasan agropolitan andalan di Kabupaten Muara Enim yang memasok berbagai komoditas unggulan, seperti beras, tanaman palawija dan kopi. Sehingga pantas untuk diangkat dan diperkenalkan melalui Peda KTNA ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, Pj. Bupati Muara Enim menyampaikan harapannya kepada Gubernur Sumsel agar jalan provinsi yang menjadi akses Semende dapat diperlebar dan ditingkatkan kualitasnya.

Sementara itu, Gubernur dan Ketua KTNA juga memberikan apresiasi kepada Kabupaten Muara Enim atas pelaksanaan Peda KTNA XIV Provinsi Sumsel tahun 2021 ini.

Terpantau jejakkasus.co.id, pada acara Pembukaan Peda KTNA XIV Sumsel ini
dihadiri oleh beberapa Kepala Daerah lainnya, yakni Bupati Musi Rawas, Bupati Banyuasin, Bupati Empat Lawang dan Wakil Bupati Ogan Ilir. (Agustan/Ujk)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *