Jawa Barat: Menyambut Panen Padi, Pemdes Lemahtamba Lestarikan Tradisi Sedekah Bumi

jejakkasus.co.id, CIREBON – Pemerintah Desa (Pemdes) Lemahtamba menggelar acara adat budaya “Sedekah Bumi” dalam rangka menyambut Panen Padi tiba dengan mengadakan Pagelaran Wayang Kulit di Halaman Balai Desa Lemahtamba, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (01/11/2021).

Dalam rangka melestarikan tradisi leluhur, adat budaya “Sedekah Bumi” digelar untuk menyambut Panen Padi mau tiba dengan mengadakan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk.

Acara tersebut diawali dengan pembukaan doa bersama, dipimpin langsung oleh H. Sutarman, S.Sy., selaku Kepala Desa Lemahtamba didampingi para Tokoh Ulama dan Tokoh Masyarakat juga para Sesepuh Desa Lemahtamba.

Kuwu H. Sutarman, S.Sy., memaparkan, bahwa pesta rakyat tersebut sebagai ajang tali silaturrahmi untuk mempererat hubungan antara masyarakat dengan Pemerintah Desa.

“Di sisi lain, masyarakat juga antusias dengan membawa Gendongan Tumpeng beserta Lauk Pauk sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas hasil Panen yang melimpah,” paparnya kepada jejakkasus.co.id.

Lebih lanjut, Kuwu H. Sutarman juga menghimbau kepada pengunjung baik dari warga setempat ataupun dari desa tetangga agar tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes).

Pantauan awak media, acara Sedekah Bumi dengan Pagelaran Wayang Kulit dalam menyambut Panen Padi berjalan dengan tertib dan kondusif serta menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat. (Sakur)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *