Sumsel: Kobaran Api Hanguskan 1 Unit Rumah Warga Desa Pulau Panggung

jejakkasus.co.id, MUARA ENIM – Musibah kebakaran dialami warga Desa Pulau Panggung Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim pada Rabu siang (27/10/2021), sekitar pukul 13.00 WIB.

Peristiwa kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk ini menghanguskan satu unit rumah warga dan diketahui dalam rumah jenis panggung ini dihuni 10 orang jiwa diantaranya, ada 3 Kepala Keluarga (KK) atas nama Rusman (62), Makuri (85), dan Mulasri (49), yang ketiganya warga Desa Pulau Panggung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim.

Diduga kebakaran ini terjadi akibat adanya arus pendek listrik. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini dan untuk besarnya kerugian atas peristiwa ini belum dapat ditaksir.

Mendapat informasi adanya kebakaran dari masyarakat, Petugas Pemadam kebakaran (Damkar) dari Pemerintah Kabupaten Muara Enim merespon cepat, segera bergerak menuju lokasi rumah yang terbakar. Setibanya di lokasi, Petugas Damkar dibantu masyarakat setempat berjibaku memadamkan api sehingga api dapat dipadamkan.

Atas peristiwa kebakaran ini, Bina Lingkungan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bukit Asam Tbk (PTBA) pada pukul 14.00 WIB langsung menuju lokasi kebakaran guna memberikan bantuan  tanggap bencana untuk korban penghuni rumah yang terbakar.

Senior Manajer Corporate Social Responsibility PTBA, Hartono yang melalui Spesialis Bina Lingkungan CSR, Erwandi mengatakan bahwa, tanggap darurat bencana dari PTBA merupakan bentuk kepedulian dari PTBA.

Ia juga mengatakan pihaknya menerima laporan sekitar pukul 14.00 WIB siang, dan bersama Bupati Muara Enim langsung menyerahkan bantuan ke para korban penghuni rumah terbakar pukul 16.00 WIB. Bantuan dari PTBA yakni, berupa beras, mie instan, air mineral, gula dan kopi senilai Rp1,5 juta.

“Semoga bantuan dari PTBA ini bisa bermanfaat untuk keperluan sehari-hari para penghuni korban rumah terbakar,” ujar Erwandi.

“Dan direncanakan seperti bantuan yang sudah-sudah, PTBA melalui CSR akan memberikan bantuan pembangunan rumah untuk korban kebakaran,” jelasnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Muara Enim Nasrun Umar sebagai bentuk peduli kepada  warga yang terkena musibah, langsung datang mengunjungi korban di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim.

Didampingi isteri, Reny Nasrun Umar, Kepala Dinas Sosial Muara Enim Bhakti, Camat Tanjung Agung Sahlan, dan Spesialis Bina Lingkungan CSR PTBA Erwandi, sejumlah bantuan logistik dari Pemkab Muara Enim dan PTBA diserahkan langsung oleh Pj. Bupati kepada para penghuni korban rumah terbakar.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Pj. Bupati menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada para korban kebakaran. Semoga bisa dengan tabah dan kuat menghadapi musibah ini.

Ia berharap, musibah kebakaran ini yang terakhir dan dapat diambil hikmahnya. Serta dengan adanya kepedulian dari Pemkab Muara Enim dan PTBA ini, kiranya sedikit bisa meringankan beban hidup para korban.

“Mari bersama, kembali kita bersama-sama membantu pembangunan rumah korban kebakaran,” himbau Pj. Bupati.

Mulasri sebagai penghuni rumah terbakar, mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan dari Pemkab Muara Enim dan PTBA.

“Sekali lagi, terima kasih untuk bantuannya dan kepeduliannya. Bantuan ini sangat berguna untuk kami,” ucapnya. (Agustan/Alkomar)

editor:JK004

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *