Sumsel: Mahasiswa UIN Selesaikan PPL di Desa Gunung Agung Pauh

jejakkasus.co.id, PAGAR ALAM – PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah program kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. PPL dilakukan mahasiswa untuk memberikan kesempatan agar dapat mempraktikkan berbagai macam teori yang mereka terima di bangku perkuliahan.

Universitas Islam Negeri (UIN), Fakultas Ushuluddin melaksanakan kegiatan PPL bagi Mahasiswanya yang akan disebar ke seluruh desa-desa, dengan tujuan untuk belajar langsung di Lapangan.

Seperti, Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Kelompok 3 yang berkesempatan melaksanakan kegiatan PPL di Desa Gunung Agung Pauh, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Jumat (17/09/2021).

Selama 10 hari ke depan, para mahasiswa dan mahasiswi akan melakukan kegiatan-kegiatan sosial seperti membantu petani menanam wortel. Walaupun ditengah panas teriknya matahari, tetapi tidak menyurutkan semangat mereka untuk belajar.

Terlihat begitu antusias mahasiswa dan mahasiswi mengamati cara menanam wortel yang dilakukan petani, dari mulai pemberian pupuk kandang hingga penaburan bibit wortel.

Kegiatan demi kegiatan dilakukan dengan penuh semangat oleh mahasiswa, dimulai dengan membantu mengajar di SDN 41 Pagar Alam dari pukul 8 pagi sampai pukul 11 siang, dan dilanjut pada pukul 3 siang membantu guru ngaji mengajar di TK TPA Masjid Baabulzanah.

Terpantau awak media Jejak Kasus, Mahasiswa UIN Raden Fatah fakultas Ushuluddin kelompok 3 terdiri dari 5 laki-laki, 10 perempuan dan didampingi 1 Dosen H. Sulaiman Nur, M.A., sebagai Pembimbing Lapangan (DPL).

Berikut daftar nama mahasiswa dan mahasiswi yang tergabung dalamĀ  PPL Kelompok 3, Ade Ritonga, Rawalia, Nyanyu HF., Geven M., Minta S., Diah H., Redho A., Selviani A., W. Eka NC., Mastika, M. Raehan, Ahmad Redho S., Natasha S., Siti W. dan Ulin RW.

Ada awal pasti ada akhir, tidak terasa sudah 10 hari berlalu para Mahasiswa UIN Raden Fatah Fakultas Ushuluddin melaksanakan kegiatan PPL yang berakhir pada hari, Jumat 17 September 2021.

Pada akhir kegiatan PPL, Kelompok 3 Mahasiswa UIN Fakultas Ushuluddin mengadakan acara perpisahan kepada warga sekitar yang selama kegiatan PPL telah mengajarkan banyak hal kepada mereka. Terutama kepada pemilik rumah yang selama 10 hari ditempati mahasiswa.

Terlihat acara perpisahan begitu mengharukan, karena diketahui mahasiswa dan mahasiswi begitu dekat dengan warga sekitar, sehingga terbangun rasa kekeluargaan ditengah kegiatan PPL tersebut.

Disela-sela sebelum keberangkatan dari tempat PPL, awak media Jejak Kasus berkesempatan untuk menemui Dosen Pembimbing Lapangan (PPL) H. Sulaiman M. Nur, M.M., beliau mengatakan PPL waktunya sangat singkat hanya 10 hari, sedangkan KKN waktunya panjang 40 hari. Tapi walaupun PPL waktunya singkat, “Saya yakin para mahasiswa ini banyak mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang sangat berharga,” tutupnya. (Alam JK)

editor: Fauzy

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *