SumSel : Camat Lubuklinggau Timur I Tinjau Penyaluran Program Bansos Sembako

LUBUK LINGGAU- JK. Masyarakat, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Wilayah Kecamatan Lubuk Linggau Timur I, Jumat (28/2/2020) mendatangi E-Warung yang berlokasi di RT. 05, Kelurahan Watervang untuk pengambilan sembako berupa beras, telur, sayur mayur, kacang hijau dan lainnya pada Program Bantuan Sosial (Bansos) Sembako dari Pemerintah Pusat.

Camat Lubuk Linggau Timur I, Kota Lubuk Linggau Wahyu Lindira, SH., MH, meninjau langsung Penyaluran Program Bansos Sembako tersebut, guna memastikan pembagiannya berlangsung dengan lancar atau baik.

Adapun masyarakat KPM yang menerima Program Bansos Sembako pada hari itu ada empat (4) Kelurahan dari delapan (8) Kelurahan yang ada diwilayah Kecamatan Lubuk Linggau Timur I diantaranya, Kelurahan Taba Jemekeh, Taba Koji, Nikan Jaya dan Kelurahan Air Kuti.

Sementara empat (4) Kelurahan lainnya dilakukan pada esok hari (Sabtu, 29/02/2020). Empat (4) Kelurahan yang akan menerima sembako pada hari Sabtu adalah Kelurahan Watervang, Batu Urip Taba, Majapahit dan Kelurahan Taba Lestari Ucap Camat Timur I, Wahyu panggilan akrabnya dalam penyampaiannya saat ditanya oleh media Jejak Kasus.

Dari pantauan JK, pada saat pembagian Program Bansos Sembako ini hadir juga Kepala Dinas Sosial Kota Lubuklinggau A.H. Ritonga beserta rombongan, Lurah Watervang Zul Amri, TKSK Kecamatan Lubuk Linggau Timur I Rusli, Perwakilan dari Pihak Bank BNI, Perwakilan dari Bulog dan Masyarakat KPM.

Dalam wawancara JK dengan KadinSos mengatakan, “bahwasannya Program Bansos Sembako tahun 2020 ini adalah program dari Pemerintah pusat (Presiden RI Ir. Joko Widodo) melalui Kementerian Sosial yang juga bekerja sama dengan Bulog untuk disalurkan langsung kepada Masyarakat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan ini merupakan lanjutan Program tahun 2019 yang lalu yaitu Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang berupa produk Beras dan Telur.

Adapun Program Bansos Sembako saat ini ada nilai tambahannya beberapa Item yaitu selain Beras dan Telur ada juga unsur dari jenis Kacang-kacangannya, serta Vitamin dan Mineral berupa Sayur Mayur atau Buah-buahan, dengan tujuan agar Asupan Gizi Masyarakat terpenuhi.

Ini juga dalam rangka mencegah masyarakat KPM kurang gizi atau Stunting khusus bagi anak-anak dari penerima KPM dan Ini juga bagian kerjasama dari Kementerian Sosial dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Saat ditanya jumlah Penerima KPM warga Kota Lubuk Linggau saat ini, beliau juga mengatakan lebih kurang saat ini ada 9.700 KPM. diakhir Wawancaranya.

Kemudian TKSK yang juga sebagai Pendamping BSP Kecamatan Lubuk Linggau Timur I Rusli mengatakan, untuk jumlah keseluruhan KPM nya sebanyak 665 KPM yang menerima Program Bansos Sembako ini.

Dan ada data yang diduga terindikasi ganda sebanyak 21 KPM, selaku TKSK sekaligus Pendamping BSP Kecamatan Lubuk Linggau Timur I, saya akan mengeceknya kembali.

Dan ada juga KPM yang ada nama nya di BNBA tapi mereka belum mendapatkan kartu ATM KKS nya, mereka adalah KPM Graduasi dari PKH yang menurut pengakuan mereka belum pernah mendapatkan KKS selama ini, ujar Rusli.

Selanjutnya Pihak Dinsos Menempelkan Stiker “Keluarga Miskin Penerima Bantuan Sosial” disalah satu rumah warga penerima KPM tersebut. (Habib).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *