Sumsel : Damkar Kabupaten Muara Enim Laksanakan Simulasi Pemadam Kebakaran

jejakkasus.co.id, MUARA ENIM- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Muara Enim mengadakan latihan dan sosialisasi Pemadam Kebakaran di halaman Kantor Kecamatan Semendo Darat Tengah (SDT), dipimpin langsung petugas Damkar Kosim bekerja sama dengan pihak jajaran Kecamatan Semende Darat Tengah, Selasa (06/07/2021).

Kosim petugas Damkar dikesempatannya mengatakan,”kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa jika kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran, hal ini yang menjadi dasar dilaksanakannya Pelatihan dan Simulasi Pemadam Kebakaran pada pembahasan pertemuan kali ini,” ucap Kosim.

Lanjut Kosim,”kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran, pada umumnya masih dirasakan sangat kurang, khususnya untuk masyarakat, sehingga masih seringkali terjadi peristiwa kebakaran yang selalu mengakibatkan banyak kerugian. Untuk mencegah terjadinya kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya diperlukan tingkat pengetahuan tentang api yang memadai,” jelasnya.

“Karena itu, diperlukan pelatihan ini, banyak faktor yang bisa mempercepat terjadinya bahaya api atau kebakaran, bahkan ledakan, faktor-faktor tersebut terkadang kurang diperhatikan oleh kebanyakan orang, padahal upaya pencegahan kebakaran lebih mudah dan lebih murah dibandingkan upaya penanggulangannya, karena itu, dalam pelatihan ini sebagai upaya pencegahan kebakaran lebih diutamakan,” ungkap Kosim.

Melalui manfaat dan Pelatihan Simulasi ini, peserta akan memahami pentingnya upaya pencegahan kebakaran melebihi upaya penanggulangannya, kita juga harus mengerti bagaimana kebakaran itu terjadi, penjalarannya, dan bagaimana cara pencegahan dan penanggulangannya.

Untuk itu, kita perlu memberikan kesadaran tentang pentingnya meningkatkan perilaku keseharian dalam pencegahan kebakaran pada masyarakat.

Selain itu, kita juga harus mengenal beberapa sarana dan prasarana peralatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran, disini perlunya adanya keterlibatan masyarakat guna mengantisipasi dan mengurangi kerugian akibat kebakaran dengan membentuk Organisasi Peran Kebakaran.

Pada saat Simulasi Pemadaman Kebakaran, Kosim juga memberikan pembekalan wawasan nama-nama Alat Pemadam Kebakaran dan cara penggunaannya.

Petugas Damkar harus mengetahui,

  1. Karakteristik bahan bakar
  2. Bahaya ledakan dan pengendaliannya
  3. Bahan cair mudah terbakar

Dalam melakukan tugasnya, Pemadam Kebakaran harus mempunyai Surat Ijin Kerja di Daerah Mudah Terbakar.

Simulasi Pemadaman Kebakaran juga menjelaskan, bagaimana caranya mengatasi kebakaran di dalam ruangan dan juga analisa resiko kebakaran, tanggap darurat kebakaran, manajemen penanggulangan kebakaran.

Dalam penanggulangan kebakaran juga dijabarkan tentang Metode Pelatihan Partisipatif, Diskusi dan Simulasi dengan menggunakan alat bantu, juga Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran. (Ansori/ed.Fauzy)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *