Sumsel: Gapoktan Kecamatan Tanjung Sakti Pumi Gelar Silahturahmi dan Sosialisasi Budidaya Porang

beritajkn.com, LAHAT – Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Petani Porang Kecamatan Tanjung Sakti Pumi mengadakan silahtuhrahmi dan sosialisasi Budidaya penanaman Porang yang berbasis Kelompok Tani (Poktan) di Pendopo Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera, Kamis (3/6/2021).

Dengan adanya penyuluhan penanaman Porang ini diharapkan Petani Porang bisa menambah penghasilan yang lebih baik lagi. Yang dulunya cuma mengharapkan Panen Kopi dan Padi, sekarang bisa menambah penghasilan dari penanaman Porang.

Umbi Porang tersebut nantinya akan dibuat Tepung dan pengganti Beras. Di Negara Jepang, penduduknya sudah lama mengkonsumsi Tepung Porang tersebut.

Dalam acara silaturahmi dan sosialisasi penanaman Porang ini, dihadiri dinas terkait, seperti Camat Tanjung Sakti Pumi Yebri Kurniawan beserta staf Kecamatan, Kapolsek Tanjung Sakti IPTU Nurhanas, perwakilan dari Koramil Tanjung Sakti Sertu Sukardi, perwakilan dari Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Perli Pauzi, perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Lahat Hewan Handalan dan juga hadir 2 anggota DPRD Dapil 4 Barmawi beserta Nopan Firmansyah.

Peserta acara ini diikutsertakan juga Bank Sumsel Babel sebagai pendukung keuangan yang akan mengucurkan dana pinjaman modal usaha penanaman Porang yang berbentuk KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Di sela-sela acara itu selesai, wartawan Jejak Kasus mengkonfirmasi perwakilan Asosiasi Petani Porang Sumatera Selatan April sapaan akrabnya, “saya perwakilan dari Kadin, saya akan menjembatani masalah pemasaran Porang tersebut langsung ke Pabrik, ungkapnya. (Alam JK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *