Sumsel: Surprise Perayaan Ke-XXIII, Gubernur Sumsel Berikan Kado 94 Milyar Pada Kab. Lahat

LAHAT- JK. Diperayaan ke- XXIII Tahun 2021 Hari Jadi Kabupaten Lahat yang ke-152 tahun, Kabupaten Lahat mendapatkan hadiah 94 milyar rupiah dari Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H. Kamis (20/05/2021).

Momentum hari bersejarah HUT Kabupaten Lahat ini digelar pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kab. Lahat tanggal 20 Mei merupakan hari bersejarah bagi Kabupaten Lahat, dimana tanggal 20 Mei merupakan hari kelahiran bagi Bumi Seganti Setungguan.

Pada 20 Mei 1869 Kabupaten Lahat, menjadi Kabupaten tertua di Sumatera Selatan (Sumsel) apalagi saat ini Kabupaten Lahat memiliki 24 Kecamatan, 17 Kelurahan serta 360 Desa.

Sebelum dipimpin Bupati Lahat Cik Ujang, S.H., dan Wakil Bupati Haryanto, S.E,. M.M., Kabupaten Lahat dulu sangat luas sebelum Kota Pagar Alam, Muara Enim dan Empat Lawang menjadi Daerah otonom.

Selain memiliki kekayaan di bidang Pertambangan seperti Batubara, Lahat memiliki kekayaan di sektor Perkebunan dan Pertanian salah satunya Kopi yang menjadi andalan Petani di Kabupaten Lahat.

Lahat juga memiliki potensi Wisata yaitu, Air Terjun dan keberadaan Situs Megalit yang usianya ribuan tahun dan bahkan Megalit terbanyak diseluruh Dunia.

Pantauan awak media Jejak Kasus, di area halaman Parkir Pemkab Lahat, dilakukan persiapan detik-detik Perayaan Hari Jadi Kabupaten Lahat yang ke- 152, dengan mengenakan pakaian khas Kabupaten Lahat, tampak jajaran SKPD dan Forkompinda bersiap menyambut kedatangan Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan Bupati Lahat Cik Ujang beserta Rombongan.

Beda seperti tahun sebelumnya, perayaan kali ini hanya dilakukan di Gedung DPRD Lahat dengan digelar sidang istimewa yang ke- Vlll untuk HUT Lahat.

Hal ini dalam upaya pencegahan Covid-19. Selain pembatasan undangan, protokol kesehatan ketat diberlakukan bagi para tamu undangan.

Bupati Lahat Cik Ujang dikesempatannya meminta dengan Gubernur Sumsel H. Herman Deru untuk dapat membantu pembangunan yang ada di Kabupaten Lahat saat ini, ucap Cik Ujang.

Bupati Lahat juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas bantuan yang diberikan Gubernur di tahun 2019-2021 hingga sampai saat ini terus berjelanjutan, Alhamdullilah 58 Infrastruktur sudah selesai, tutur Cik Ujang.

Selain itu yang masih menjadi pikiran orang Nomor 1 di Bumi Seganti Setungguan adalah penyelesaian Jembatan penghubung Lematang 2 yang ada di Desa Ulak Lebar. Urai Cik Ujang

“Agar tercipta Kabupaten Lahat dapat menjadi salah satu Daerah pertumbuhan ekonomi yang kuat menuju masyarakat Sejahtera, Sehat dan Bercahaya.”

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru saat menyampaikan kata sambutannya, menjawab apa yang disampaikan Bupati Lahat dengan memberikan bantuan pertama sebesar 24 milyar, di Perayaan Hari Jadi Kabupaten Lahat ke- XXIII H. Herman Deru menambahkan hadiah sebesar 70 milyar rupiah, ucap Gubernur.

Jadi total bantuan yang diberikan Gubernur Sumatera Selatan untuk Kabupaten Lahat saat ini, sebesar 94 milyar rupiah.

Usai penutupan acara sesi kata penutupan kata sambutan, dilangsungkan acara Pemotongan Tumpeng oleh Bupati Lahat didampingi Lidiyawati Cik Ujang dan diberikan ke Gubernur H. Herman Deru.

Terpantau awak media, acara HUT 152 tahun Kabupaten Lahat berlangsung lancar. (Herawan JK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *