Jawa Barat : Jelang UKW, Institut MZK Gelar Workshop Pra UKW Via Zoom Webinar

CIREBON- JK. Institut MZK (Mediatama Zeine Kutuby) merupakan sebuah Lembaga Pelatihan Kerja yang telah terdaftar di Kemenkumham dan telah memiliki izin Lembaga Pelatihan, hari ini telah menyelenggarakan Workshop Pra UKW Via Zoom Webinar sebagai pembekalan materi UKW yang diikuti dari berbagai media di seluruh Indonesia. Senin (19/04/2021).

Peserta Workshop di Pra UKW Batch#5 kali ini diikuti kurang lebih ada 44 orang dari 10 Provinsi di Indonesia diantaranya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua, Aceh, Kalimantan Barat, Riau, DKI, Banten, dan Bali.

Martha Zhahira El-Kutuby sebagai pembawa acara, dan pemberi materi oleh Agung Santoso memaparkan tentang materi sejarah Pers di Indonesia seiring dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dan pengetahuan umum jurnalistik.

“Pelaksanaan Workshop Pra UKW merupakan pengenalan materi yang akan diujikan dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) nanti.  Materinya sebanyak 12 materi diantaranya, Pengetahuan Umum Tentang Jurnalistik, Sejarah Pers, Hukum Pers, Kode Etik Jurnalistik, Rapat Redaksi, Menyunting Berita, Unsur Nilai dan Jenis Berita, Bahasa Jurnalistik dan Menulis Berita, Penguasaan Teknologi Informasi dan Analisa Berita, Narasumber”. Jelas Agung  Santoso.

Lanjutnya, karena Wartawan harus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), oleh karena itu, sebelum pelaksanaan UKW, kepada para Wartawan diberikan pembekalan materi pengetahuan jurnalistik dan segala peraturannya, sesuai dengan Peraturan Dewan Pers Nomor: 1/Peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan.

Setiap Wartawan harus mampu memahami dan menguasai pengetahuan umum jurnalistik, sejarah Pers dan hukumnya serta menerapkan Unsur 5W-1H dalam setiap karya tulisnya. Pungkas Agung Santoso. (Omika/JK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *