Sumsel : Kegiatan Posyandu Dan Posbindu di Kampung Swakarya

PAGAR ALAM- JK. Perkembangan kesehatan Balita dan Lansia menjadi salah satu perhatian, dalam memberikan perhatian kesehatan Balita dan Lansia melalui Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu (Posyandu) di Kampung Swakarya RT 01 RW 01 Kelurahan Siderejo, Kecamatan Pagar Alam Utara, Provinsi Sumatera Selatan. Kamis (18/02/2021).

Kegiatan rutinitas ini dilakukan setiap bulan sekali di setiap tanggal 17 atau 18 yaitu Penimbangan Berat Badan Balita, Pengukuran Tinggi Badan, Pemeriksaan Gigi dan Konsultasi Tumbuh Kembang Ibu dan Balita.

Disamping itu, ada kegiatan yang berorientasi pada kesehatan contohnya, Tensi Darah dan Cek Gula Darah.

Kegiatan ini salah satu program Pemerintah untuk memantau dan meningkatkan derajat kesehatan Balita dan Lansia di masa pandemi.

“Program pengembangan kesehatan Balita ini tidak bisa berjalan dengan baik tanpa ada bantuan dari Pemerintah, Bidan Desa, Kader Posyandu, dan masyarakat setempat,” ujar Ketua RW Sulisno.

“Selama ini kebanyakan masyarakat berpikir bahwa, Posyandu hanya penting bagi Balita dan Ibu Hamil (Bumil). Karena menurut mereka Balita dan Ibu Hamil lah yang harus diperhatikan mengenai perkembangan dan status kesehatannya,” lanjutnya.

Tidak hanya bagi Ibu dan Balita, kegiatan ini juga memberikan perhatian serius kepada para Lansia. Ditinjau dari aspek kesehatan pertambahan usia, maka Lansia akan semakin rentan terhadap berbagai keluhan fisik dan psikis.

Tim media yang turun langsung kelapangan dan konfirmasi dengan salah satu warga Kampung Swakarya Ibu Miyul mengataka,” kami sangat berterimah kasih sekali dengan adanya Posyandu dan Posbindu ini, sehingga kami bisa memerisakan tubuh dan mengetahui kesehatan kami,” jelas Miyul.

Jadi kami berharap kepada warga masyarakat Kampung Swakarya khusunya, dan umumnya masyarakat Kota Pagar Alam jangan malu dan malas untuk rutin mengecek kesehatan, karena telah tersedia layanan kesehatan Posyandu setiap bulan,” himbaunya. (Riska)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *