Jawa Barat : Kapolresta Cirebon M. Syahduddi Kunjungi Kampung Tangguh di Desa Babakan Ciwaringin

CIREBON- JK. Desa Babakan, Kecamatan Ciwaringin yang menjadi salah satu Kampung Tangguh di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat mendapat kunjungan Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi. Jumat (5/2/2021).

Syahduddi mengungkapkan, Kampung Tangguh Lodaya merupakan salah satu upaya Polda Jawa Barat dan Pemerintah Daerah Cirebon dalam rangka penanganan dan pencegahan Covid-19.

Dikatakannya, konsepnya adalah ketika Kampung Tangguh didirikan di suatau wilayah atau Desa, dan di saat ada masyarakat yang terpapar Covid-19 bisa langsung dikendalikan, minimal langkah-langka 3T langsung diterapkan, melakukan Testing, Penelusuran Kontak Erat (Tracing) dan Perawatan Pasien Covid-19 (Treatment).

“Dengan 3T yang sudah dilakukan, akan terlihat mana masyarakat yang terpapar dan yang tidak, yang terpapar juga nanti ada katagorinya, mana yang memiliki gejala klinis dan mana yang tidak,” paparnya.

Lanjutnya, yang tanpa gejala dikoordinasikan untuk dikirim ke tempat isolasi mandiri yang sudah ditunjuk Pemkab Cirebon seperti Hotel Radiant, Kecamatan Beber.

Sedangkan yang mengalami gejala, sesegera mungkin untuk dikirim ke Rumah Sakit Rujukan seperti RS Arjawinangun, RS Sumber Waras dan RS Mitra Plumbon.

“Dengan penanganan 3T yang optimal, diharapkan wilayah tersebut atau Kampung itu bisa segera pulih dan terbebas dari sebaran Covid-19,” katanya.

Syahduddi menjelaskan, ada tiga aksi yang dilakukan dalam Desa tangguh tersebut. Yakni, aksi kesehatan, sosial ekonomi dan keamanan. Dalam aksi kesehatan, masyarakat akan diarahkan untuk mendirikan Posko kesehatan dan penerapan protokol kesehatan.

‘’Masyarakat juga didorong untuk melakukan Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHSB), serta menyiapkan sarana cuci tangan dan imbauan menggunakan Masker serta selalu menjaga jarak dan hindari kerumunan,” ungkap Syahduddi. (Ron)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *