Jawa Barat: Peringati Hari Batik Nasional, Eti : Tanamkan Rasa Bangga Terhadap Produk Indonesia

jejakkasus.co.id, CIREBON – Wakil Wali Kota Cirebon Dra. Hj. Eti Herawati hadiri rangkaian peringatan Hari Batik Nasional bertempat di Kampung Kriyan Barat, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat (Jabar).

Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober diisi dengan berbagai kegiatan, seperti Talkshow, Bazar, Lomba Membatik Tingkat TK, SD dan SMP serta Demo Menggambar pada Payung dengan Pewarna Alam Ramah Lingkungan, Demo Memasak Makanan Khas Cirebon dan Demo Memasak Makanan Khas Korea serta kegiatan lainnya.

Selain itu, ada Mini Festival Batik Story Kriyan yang digelar dari tanggal 30 September hingga 03 Oktober 2022 yang terselenggara berkat kolaborasi dengan Total Museum of Contemporary Art Korea Selatan.

Eti mengatakan, mengenai kolaborasi dengan Museum of Contemporary Art Korea Selatan melalui kerja sama Program Pendidikan Seni dan Budaya Korea-Indonesia di Kota Cirebon sudah berjalan tahun kelima.

“Proyek bantuan pengembangan resmi Official Development Assistance (ODA) yang diinisiasi oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea (MCST) ini dipersembahkan oleh Korea Arts and Culture Education Services (KACES) yang berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon,” kata Eti, Sabtu (1/10/2022).

Untuk itu, Eti meminta kerja sama yang sudah terjalin harus ditingkatkan. Sebab, dampaknya akan sangat terasa oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat Kota Cirebon.

Alhamdulillah, terima kasih KACES yang sudah bekerja sama dan melakukan Pembinaan terhadap Seniman Lokal di Kota Cirebon,” tutur Eti.

Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Cirebon Dra. Hj. Eti Herawati yang juga Ketua DPD Partai NasDem mengisi Talkshow dengan tema “Pelestarian Batik Ramah Lingkungan Sejak Usia Dini” sesuai dengan ciri khas @institute_of_batikstorykriyan yang terbuat dari Pewarna Alam.

“Kami tak henti mengedukasi kepada Generasi Muda dan menanamkan rasa bangga terhadap produk lokal buatan Indonesia,” ujar Eti.

Eti berharap, kerja sama ini terus terjalin, sehingga dapat menumbuhkan Sistem Pendidikan Seni dan Budaya yang berkelanjutan. (Om JK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *