Jawa Barat: Hari Jadi Majalengka ke-532, Bupati : Berbagai Kegiatan akan Libatkan Warga

jejakkasus.co.id, MAJALENGKA – Peringatan Hari Jadi ke-532 Majalengka bakal berasa lebih berwarna dan semarak, bila dibandingkan dengan perayaan pada dua tahun sebelumnya saat masih berada dalam kondisi pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., bahwa peringatan Hari Jadi Majalengka yang diperingati tiap tanggal 7 Juni tiap tahunnya, akan digelar dengan beragam aktivitas yang melibatkan warga, dan kegiatannya pun disebar ke semua wilayah.

“Kegiatan akan didistribusikan ke wilayah-wilayah yang ada di Majalengka. Jadi tidak tertuju hanya di titik Pusat Kota. Tujuannya agar bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat,” jelas Bupati Majalengka Karna Sobahi, Senin (30/5/2022).

Karna memastikan, seluruh kegiatan yang bakal digelar tak seperti sebelumnya yang banyak berfokus di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Lanjut Karna, namun untuk sekarang ini tidak demikian. Kini malah rakyat yang sengaja akan dihadirkan, agar semuanya betul-betul bisa menikmati Hari Jadi Majalengka.

Insya Allah akan semarak, bentuk atau jenis kegiatan-kegiatannya pun diprioritaskan yang dapat menyentuh masyarakat,” kata Karna.

Karna menyebutkan, beberapa contoh kegiatan tersebut, di antaranya Seni Pertunjukan, Olahraga, Bantuan Sosial (Bansos) atau lainnya yang dapat mengikutsertakan rakyat secara langsung.

Karna menjelaskan, seperti biasanya, tak ubah sebuah Tradisi yang rutin dilaksanakan. Tiga hari sebelum puncak peringatan Hari Jadi Majalengka yang jatuh pada tanggal 7 Juni, akan dilakukan terlebih dahulu Ziarah ke Pangeran Muhamad di Kaki Bukit Margatapa, Desa Babakanjawa, Kecamatan Majalengka, dan Mbah Badori yang berada di belakang Pendopo Bupati Majalengka.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati (Wabup) Majalengka Tarsono D Mardiana menambahkan, Hari Jadi ke-532 Majalengka yang rencananya akan dimeriahkan dengan beranekaragam perlombaan, Festival, kegiatan Budaya dan kegiatan Bakti Sosial itu bertemakan “Bersama Bangkit Lanjutkan Majalengka Raharja”.

“Pagelaran ini harus bisa dinikmati, khususnya oleh masyarakat Majalengka, dan umumnya masyarakat luar Majalengka. Hal ini harus sejalan dengan arahan Presiden yang telah memperbolehkan tidak memakai Masker di ruangan terbuka,” jelas Tarsono.

Kendati demikian, Tarsono mengingatkan, kepada seluruh masyarakat Majalengka yang bakal larut dalam berbagai kegiatan di Hari Jadi ke-532 Majalengka nanti, agar tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang telah dianjurkan pemerintah.

Sementara itu, salah satu warga Kelurahan Majalengka Wetan Bahtiar mengatakan, dengan akan digelarnya Hari Jadi ke-532 Majalengka yang jatuh pada 7 Juni mendatang disambut antusias warga Majalengka.

Lanjut Bahtiar, tahun ini warga masyarakat akan turut menikmati kemeriahan HUT ke-352 Majalengka yang mana dua tahun sebelumnya tidak digelar secara terbuka. Kali ini, seiring meredanya sebaran Covid-19, maka rangkain Hari Jadi Majalengka akan digelar secara meriah.

Alhamdulillah, tahun ini kita sebagai warga Majalengka akan turut menikmati peringatan hari jadi. Semoga saja pandemi ini berubah menjadi endemi,” pungkas Bahtiar. (Endi R/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *